Google Chrome Akan Beri Peringatan jika Kata Sandi Anda Disusupi Peretas - suaracom

 

Google Chrome Akan Beri Peringatan jika Kata Sandi Anda Disusupi Peretas - suaracomKeamanan Google Chrome. [Google Blog]

Google Chrome akan memberikan peringatan.

Dythia Novianty 
Kamis, 08 Oktober 2020 | 12:30 WIB
Google Chrome Akan Beri Peringatan jika Kata Sandi Anda Disusupi Peretas
Ilustrasi Google Chrome. [Shutterstock]

Suara.com - Kejahatan siber semakin meningkat dan kata sandi kerap menjadi target untuk diretas. Jangan khawatir, Google Chrome akan memberikan peringatan.

Google meningkatkan keamanan dan kegunaan Chrome di ponsel, baik untuk iOS dan Android. Mulai hari ini, dilansir laman GSM Arena, Kamis (8/10/2020), versi browser ponsel akan memberi tahu Anda jika kata sandi Anda telah disusupi, dan jika demikian, bagaimana cara memperbaikinya.

Bukan hanya itu, tetapi ini akan membawa Anda langsung ke formulir 'ubah kata sandi' yang benar setelah Anda diberi tahu bahwa kata sandi itu disusupi, di layanan mana pun Anda menggunakannya.

Untuk memeriksa apakah ada sandi Anda yang telah disusupi, Chrome mengirimkan salinannya ke Google menggunakan bentuk enkripsi khusus, yang tidak memungkinkan Google untuk mengetahui nama pengguna atau sandi Anda.

Keamanan Google Chrome. [Google Blog]
Keamanan Google Chrome. [Google Blog]

Pemeriksaan Keamanan juga akan hadir di Chrome seluler, dalam versi browser mendatang. Tindakan ini dapat memeriksa sandi yang disusupi secara manual, memberi tahu Anda jika Penjelajahan Aman diaktifkan, dan apakah versi Chrome yang Anda jalankan memiliki perlindungan keamanan terbaru.

Di iOS, Anda juga dapat menggunakan Chrome untuk mengisi otomatis detail login yang disimpan ke aplikasi atau browser lain. Dan untuk meningkatkan keamanan di iOS, Anda akan mendapatkan prompt otentikasi biometrik sebelum Chrome mengisi kata sandi apa pun.

Keamanan Google Chrome. [Google Blog]

Segera hadir di Android adalah Penjelajahan Aman yang Disempurnakan, yang secara proaktif melindungi Anda dari phishing, perangkat lunak perusak, dan situs berbahaya lainnya dengan berbagi data waktu nyata dengan layanan Penjelajahan Aman Google.

Perusahaan tersebut mengatakan bahwa di antara orang-orang yang telah mengaktifkan ini di desktop, perlindungan phishing prediktifnya menyebabkan penurunan sekitar 20 persen pengguna yang memasukkan sandi mereka ke situs web phishing. Kelemahannya, tentu saja, sekarang Anda membagikan lebih banyak data waktu tentang penggunaan Anda dengan Google.

Baca Juga

Komentar