Kisah Sukses Martha Tilaar, Bisnis dari Salon Kecil Jadi Ratu Produk Kosmetik - inews - Opsiin

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kisah Sukses Martha Tilaar, Bisnis dari Salon Kecil Jadi Ratu Produk Kosmetik - inews

Share This

 

Kisah Sukses Martha Tilaar, Bisnis dari Salon Kecil Jadi Ratu Produk Kosmetik

Kisah Sukses Martha Tilaar, Bisnis dari Salon Kecil Jadi Ratu Produk Kosmetik

JAKARTA, iNews.id Martha Tilaar adalah sosok di balik suksesnya Sariayu Martha TilaarBrand ini sudah dikenal sebagai produsen kosmetik atau jamu legendaris di Indonesia. 

Dikutip dari berbagai sumber, bisnis kecantikannya dimulai dari salon kecantikan kecil berukuran 4x6 meter pada 1970. Martha Tilaar memang sudah bertekad untuk membuka salon setelah pulang dari Amerika Serikat (AS) untuk menemani suaminya, Henry A. Rudolf Tilaar bekerja di sana. 

Dia telah memiliki bekal untuk terjun ke bisnis tersebut. Pasalnya, saat menemani suaminya di negeri Paman Sam, Martha Tilaar melanjutkan sekolah di Academy of Beauty Culture di Bloomington, Indiana. Dari sinilah, dia mulai akrab dengan dunia kosmetik dan kecantikan.

Berbekal modal seadanya, dia membuka salon pertamanya di garasi rumah orang tua di Yakob Handana di Menteng, Jakarta Pusat. Dia pun mempromosikan salonnya melalui brosur yang disebar dari rumah ke rumah. 

Usaha tersebut membuahkan hasil. Caranya berpromosi berhasil menarik pelanggan dari warga asing yang bekerja di kedutaan. 

Dari awalnya hanya salon kecil, dalam waktu 6 bulan, dia bisa pindah ke tempat yang lebih luas. Kemudian pada 1972, Martha Tilaar membuka salon kecantikan keduanya, Martha Griya Salon di Menteng. Di salon ini, dia mulai menciptakan perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal.

Seiring berjalannya waktu, bisnis kecantikannya  melebarkan sayap ke produk kecantikan dan jamu modern, dengan merek Sariayu-Martha Tilaar di bawah bendera PT Martina Berto. Perusahaan ini didirikan melalui kerja sama dengan Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady, yang merupakan pendiri Kalbe Group.

Pada 1981, PT Martina Berto mulai mendirikan pabrik sendiri di kawasan industri Pulogadung, Jakarta Timur. Kemudian, mendirikan pabrik kedua di wilayah yang sama dua tahun kemudian atau pada 1983.

Di tahun yang sama, dia mendirikan PT Sari Ayu Indonesia (SAI) untuk mendukung PT Martina Berto dalam mendistribusikan produk kosmetiknya. Kemudian, Martha Tilaar dan keluarganya membentuk Martha Tilaar Group pada 1999.

Martha Tilaar Group kini terdiri dari beberapa perusahaan di berbagai bidang, yakni PT Martina Berto Tbk yang bergerak di pemasaran dan produksi, PT Cedefindo yang merupakan perusahaan produksi dan maklon, PT SAI Indonesia sebagai perusahaan distributor dan logistik. Selain itu, PT Martha Beauty Gallery, salah satu unit bisnis di bidang pendidikan kecantikan dan memiliki sekolah kecantikan skala internasiolan, dengan nama Puspita Martha International School.

Di samping itu, ada PT Cantika Puspa Pesona yang bergerak di bidang jasa spa dan salon, serta PT Kreasi Boga Primatama yang merupakan perusahaan penyedia tenaga kerja.

Martha Tilaar yang saat ini berusia 73 tahun yang dikenal sebagai Ratu Produk Kosmetik itu kini menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Martina Berto. Dia menjabat posisi itu sejak 2005.

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News 


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Martha Tilaar,Kisah Inspirasi, Featured, Pilihan]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages