Riuh Tukang Becak Bobol BCA, OJK Turun Gunung Ingatkan Publik - CNBC Indonesia

 

Riuh Tukang Becak Bobol BCA, OJK Turun Gunung Ingatkan Publik

Romys Binekasri, CNBC Indonesia
Market
27 January 2023 14:40
Ilustrasi OJK
Foto: Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Kasus pembobolan rekening PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) oleh tukang becak membuat heboh. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun sampai turun tangan memberikan wejangan cara melindungi rekening dengan aman.

Berdasarkan keterangan resmi OJK, Jumat (27/1/2023), berikut tips agar terhindar dari perampokan dana di rekening bank.

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala

Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja, dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.

Bahkan, jika perlu, untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

"Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan Wifi Publik atau Free Wifi untuk melakukan transaksi perbankan," tulis OJK, Jumat (27/1).

3. Jaga data pribadi

Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening, atau nama Ibu Kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

4. Berhati-hati saat menggunakan ATM

Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon Bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke Bank.

"Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan sehingga berisiko bisa mengetahui password atau melakukan kloning kartu," pungkasnya.


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags BCA,Bank BCA, Featured, Pilihan, OJK]

Baca Juga

Komentar