7 Cara Mudah Bersihkan Lendir Paru-paru Tanpa Obat - CNN Indonesia

 

7 Cara Mudah Bersihkan Lendir Paru-paru Tanpa Obat

tim
4-5 minutes
Sabtu, 28 Jan 2023 15:00 WIB

Kesehatan paru-paru semakin mendapat perhatian sejak pandemi Covid-19. Simak cara membersihkan lendir di paru-paru secara alami.

Kesehatan paru-paru semakin mendapat perhatian sejak pandemi Covid-19. Simak cara membersihkan lendir di paru-paru secara alami. (iStock/patrickheagney)

Jakarta, CNN Indonesia --

Kesehatan paru-paru semakin mendapat perhatian sejak pandemi Covid-19. Simak cara membersihkan lendir di paru-paru secara alami.

Tubuh secara alami memproduksi lendir. Namun saat jumlahnya berlebihan dan mengganggu, berarti tubuh mengirimkan sinyal akan masalah kesehatan.

Dilansir dari WebMD, lendir di paru-paru jumlahnya bisa berlebihan akibat refluks asam lambung, alergi, asma, infeksi, atau penyakit paru obstruktif kronis (COPD).

Berikut beberapa cara membersihkan lendir di paru-paru secara alami dan efektif.

1. Drainase postural

Postural drainage atau drainase postural merupakan teknik mengalirkan dahak atau lendir ke saluran pernapasan besar sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Drainase postural ada beberapa metode dengan posisi berbeda.

a. Berbaring

Anda mengambil posisi berbaring di lantai atau kasur lalu letakkan bantal di bawah pinggul. Pastikan dada lebih rendah daripada pinggul. Kemudian tarik napas perlahan lewat hidung dan hembuskan lewat mulut.

Hitungan menghembuskan napas harus dua kali lipat dari hitungan tarikan napas. Pola ini disebut pola pernapasan 1:2. Lakukan selama beberapa menit.

b. Tiduran miring

Selain berbaring, drainase postural bisa dilakukan dalam posisi tubuh miring. Sebaiknya sandarkan kepala pada bantal. Seperti posisi berbaring, tetap tempatkan bantal di bawah pinggul dan lakukan pola pernapasan 1:2. Ulangi dari posisi sebaliknya.

c. Tengkurap

Dalam posisi tengkurap, bantal diletakkan di bawah perut dan jaga pinggul lebih tinggi dari dada. Topang kepala dengan kedua lengan kemudian lakukan pola pernapasan 1:2 selama beberapa menit.

2. Pakai humidifier

Produksi lendir meningkat akibat udara sekitar yang kering. Sebaiknya gunakan humidifier untuk menambah kelembapan udara. Udara yang lebih lembap akan membantu membersihkan hidung dan mencegah sakit tenggorokan.

3. Steam inhalation

Steam inhalation merupakan metode menghirup udara dari air panas. Cara ini mampu melegakan pernapasan termasuk membantu membersihkan lendir di paru-paru.

Anda cukup menyediakan wadah berisi air panas dan kain. Tundukkan kepala hingga agak dekat dengan air dan tutup kepala dengan kain. Kain digunakan untuk mengisolasi uap air sehingga bisa terhirup sempurna.

4. Tarik napas dengan kain lembap

Jika tidak ada humidifier, Anda bisa menggunakan kain lembap. Cukup basahi kain dengan uap air atau celupkan pada air hangat lalu tutupkan pada hidung dan hirup napas dalam-dalam.

5. Semprotan hidung

Semprotan hidung atau irigator akan membantu membersihkan lendir dan alergen pada hidung dan sinus. Semprotan bisa didapat di pasaran. Sebaiknya cari irigator steril yang mengandung natrium klorida.

6. Minyak kayu putih

Saat lendir menumpuk di paru-paru, Anda disarankan untuk mandi air hangat lalu oleskan minyak kayu putih. Minyak kayu putih sejak lama dipakai untuk mengurangi batuk dan produksi lendir. Minyak kayu putih pun bisa ditambahkan ke diffuser untuk membantu melegakan hidung.

7. Jaga kepala tetap tinggi

Agar tidak mengganggu selama tidur, tumpuk bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi. Cara ini mencegah akumulasi lendir merusak kualitas dan kuantitas tidur Anda.

(els/chs)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Kolesterol Tidak Boleh Dianggap Remeh


[Category Opsiin, Media Informasi, Berbagi Informasi]

Baca Juga

Komentar