Pilihan

Ahli Psikologi Forensik Sebut Ferdy Sambo dan Putri Bisa Berbuat Nekat - Tempo

 

Ahli Psikologi Forensik Sebut Ferdy Sambo dan Putri Bisa Berbuat Nekat

Andry Triyanto Tjitra

Rabu, 15 Februari 2023 10:14 WIB

TEMPO.COJakarta - Ahli Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel mengkhawatirkan kemungkinan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi mengalami shock akibat vonis tersebut dan bisa melakukan perbuatan nekat.

Atas dasar pertimbangan itu, dia meminta agar pihak rumah tahanan memperketat pengawasan terhadap  usai pembacaan vonis hukuman mati dan hukuman 20 tahun penjara.

Baca Juga:

"Mengacu studi, tingkat bunuh diri di rutan lebih tinggi daripada di lapas. Penyebabnya adalah tersangka atau terdakwa mengalami shock. Terguncang jiwanya. Jaga FS dan PC agar tidak melakukan perbuatan yang bisa berakibat fatal bagi hidup mereka sendiri," kata Reza seperti dikutip Tempo, Selasa, 14 Februari 2023.

Harga-390rb-REMP-2

Reza menyebut vonis hukuman mati terhadap Sambo dan penjara 20 tahun untuk Putri telah menyelamatkan marwah lembaga peradilan di mata masyarakat. Vonis ini menyelamatkan wibawa sistem peradilan pidana dari kemungkinan terbeli oleh pelaku kejahatan yang berharta dan berkuasa.

Lebih lanjut, Reza menyebut vonis hukuman mati terhadap Ferdy Sambo bukan akhir dari proses hukum di kasus ini. Menurut Reza, sangat mungkin keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J akan mengajukan gugatan perdata ganti rugi terhadap Sambo dan Putri.

Baca Juga:

"Ganti rugi atas segala kebohongan dan pembunuhan karakter terhadap Yosua,"kata Reza. 

Ferdy Sambo belum respons vonis mati

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis hukuman mati terhadap Ferdy Sambo pada Senin, 13 Februari 2023. Hukuman maksimal yang dijatuhkan hakim dalam perkara pembunuhan Brigadir Yosua itu lebih tinggi dari tuntutan jaksa sebelumnya, yaitu penjara seumur hidup.

“Menjatuhkan terdakwa Ferdy Sambo dengan pidana mati,” kata Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso saat membacakan putusan, Senin, 13 Februari 2023.

Mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri itu belum menyampaikan tanggapan atas vonis hakim tersebut. Meski begitu, ibunda almarhum Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Rosti Simanjuntak menyatakan vonis mati terhadap Sambo sesuai dengan harapan keluarga.

"Sesuai dengan harapan kami," kata Rosti di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan usai Ferdy Sambo divonis mati, Senin 13 Februari 2023.

Menurut dia, Tuhan telah hadir di persidangan. "Puji Tuhan, tetesan darah anak ku yang bergelimang, Tuhan nyata telah menyatakan keajaibannya," ujar ibu Brigadir Yosua ini. 

M JULNIS FIRMANSYAH

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

  • 13 menit lalu

Vonis Hukuman Mati dari Ferdy Sambo sampai Freddy Budiman

13 menit lalu

Selain Ferdy Sambo, sebelumnya sudah beberapa orang yang pernah mendapatkan vonis hukuman mati di Indonesia, salah satunya Freddy Budiman,.

Top 3 Dunia: Pengemudi Fortuner Disebut Sebagai Musuh Ukraina, Erdogan Akui Masalah dalam Penanganan Bencana, Hukuman Mati Sambo Dijuluki Persidangan Abad Ini

38 menit lalu

Berita mengenai pengemudi Fortuner yang disebut sebagai musuh Ukraina mendapat paling banyak perhatian dalam Top 3 Dunia.

Ibunda Richard Eliezer Berterima Kasih ke Presiden Jokowi, Kapolri, Kabareskrim, Kabaintelkam & Irwasum

1 jam lalu

Ibunda Richard Eliezer Pudihang Lumiu bersyukur atas vonis ringan yang diterima putranya, ia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak.

Richard Eliezer Dihukum 1,5 Tahun, Lemkapi: Hakim Sangat Adil dan Berani, Dengar Suara Masyarakat

1 jam lalu

Edi Hasibuan mengatakan majelis hakim mendengar suara masyarakat saat menjatuhkan hukuman 1,5 tahun penjara kepada Richard Eliezer.

Pembatas Ruang Sidang Richard Eliezer Rusak, Pejabat PN: Akibat Media Paksa Masuk

10 jam lalu

Djuyamto mengemukakan robohnya pembatas ruang sidang utama PN Jakarta Selatan akibat media yang memaksa masuk usai vonis Richard Eliezer.

Anak Ferdy Sambo Unggah Foto Ayahnya dan Lagu Gugur Bunga, Begini Liriknya

10 jam lalu

Trisha Eungelica, anak Ferdy Sambo unggah di akun medsosnya foto ayahnya diringi lagu Gugur Bunga karya Ismail Marzuki. Apa artinya?

ICJR Berharap Vonis Richard Eliezer Bisa Memotivasi Pelaku Kejahatan Menjadi Justice Collaborator

10 jam lalu

ICJR berharap vonis terhadap Richard Eliezer bisa membuat pelaku kejahatan lainnya menjadi justice collaborator.

Senang Richard Eliezer Masih Bisa Berkarier di Polisi, Keluarga Brigadir Yosua Ingin Sekolahkan Dia

11 jam lalu

Bharada Richard Eliezer divonis 1 tahun 6 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Richard Eliezer Divonis 1 Tahun 6 Bulan, Ibunda: Kami Berharap JPU Tidak Banding

11 jam lalu

Orang tua Richard Eliezer berterima kasih yang mendalam atas bantuan keluarga almarhum Brigadir Yosua yang telah memaafkan putranya.

Usai Puas Sambo Dihukum Mati, Orang Tua Brigadir Yosua Lapor Polisi soal ATM, HP & Laptop yang Hilang

12 jam lalu

Orang tua Brigadir Yosua Hutabarat, Samuel Hutabarat dan Rosti Simanjuntak melaporkan kehilangan kartu ATM, HP dan laptop yang hilang.


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek