Pilihan

Angin Puting Beliung Landa Kulonprogo, 7 Rumah Warga Rusak - inews

 

Angin Puting Beliung Landa Kulonprogo, 7 Rumah Warga Rusak

Angin Puting Beliung Landa Kulonprogo, 7 Rumah Warga Rusak
Sejumlah relawan membersihkan bangunan yang tertimpa pohon tumbang di Kalibawang. Kulonprogo. (foto: iNews.id/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.id Angin puting beliung melanda Kalurahan Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo, Selasa (7/2/2023) sore. Tidak ada korban jiwa, namun ada tujuh rumah warga dan kios rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan terbawa angin. 

Bangunan yang rusak ini di antaranya rumah milik Subardi, warga Bogo, Banjarharjo, kafe Pawon Gendis milik Martutik di Salakmalang, Banjarharjo yang rusak tertimpa pohon durian yang tumbang. Selain itu juga rumah milik Dwi Arianto, Mujio, Teguh Gatot Kusnandar dan Ari Mustofa warga Demangan, Banjarharjo. 

“Tadi itu kaya wedus gembel muter-muter gitu anginnya. Saya mau nutup pintu malah bapak jatuh, saya panik,” kata Sri Mardiyastuti, salah seorang warga. 

Angin puting beliung ini datangnya sangat cepat dengan disertai suara gemuruh seperti ombak di laut. Begitu menerjang rumahnya, atap yang terbuat dari asbes lepas dan terbang. Bahkan beberapa dagangan di kiosnya juga porak poranda. 

"Kaya ombak gitu gemuruh keras,"ujarnya. 

Pemilik Kafe Pawon Ndeso, Martutik mengatakan, saat kejadian dirinya tidak ada di rumah. Dia dihubungi adiknya dan mengabarkan pohon durian yang ukurannya cukup besar di depan kafenya tumbang. ohon ini menimpa bangunan kafenya hingga mengalami kerusakan lumayan berat. 

“Katanya angin muter gitu, atap (bangunan) limasan rusak kena pohon durian yang tumbang,” ujarnya.

Sementara itu, Petugas BPBD Kulonprogo Ari Herman Susilo mengatakan, begitu ada kejadian mereka langsung megerahkan relawana untuk melakukan assesment. Sejauh ini ada sekitar tujuh bangunan rumah dan kios yang rusak. 

“Selain menimpa rumah penduduk juga mengakibatkan jaringan listrik putus,” katanya.  

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Kulonprogo,Angin Puting Beliung, Featured, Pilihan]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek