ASI Eksklusif Jadi Cara Ampuh Cegah Diabetes pada Anak - CNN Indonesia

 

ASI Eksklusif Jadi Cara Ampuh Cegah Diabetes pada Anak

CNN Indonesia
3-4 minutes
Rabu, 08 Feb 2023 14:00 WIB

Salah satu cara mencegah diabetes pada anak adalah dengan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif untuk si kecil.

Ilustrasi. Salah satu cara mencegah diabetes pada anak adalah dengan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif untuk si kecil. (Istockphoto/ Petrunjela)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bukan cuma menyerang orang dewasa, diabetes juga menyerang anak. Diabetes tipe 1 menjadi jenis yang paling umum diidap anak.

Salah satu cara mencegah diabetes pada anak adalah dengan pemberian air susu ibu (ASI) eksklusif untuk si kecil.

"Satu upaya dalam menurunkan risiko diabetes adalah dengan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan," ujar dokter spesialis gizi klinis Juwalita Hapsari saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (6/2).

Menurut Juwalita, ASI adalah makanan 'emas' yang memiliki banyak manfaat luar biasa. Manfaat ini didapat berkat kandungan gizi dalam ASI yang melimpah seperti karbohidrat, protein, immunoglobulin, vitamin, dan mineral.

"ASI itu diproduksi sesuai dengan kebutuhan si bayi," tambah Juwalita.

Ia juga menambahkan bahwa komposisi pada ASI akan mengikuti perkembangan dan pertambahan usia bayi. Hal ini dapat mencegah penyakit obesitas pada bayi yang ujung-ujungnya bisa memicu diabetes.

"Karena, bisa dibilang bahwa anak yang tidak dapat ASI eksklusif, ada risiko dia menjadi obesitas. Kalau ada risiko obesitas, berarti bisa menjadi faktor risiko dia untuk kena diabetes di kemudian hari," jelas Juwalita lebih lanjut.

Selain diabetes, bayi yang tidak mendapatkan ASI eksklusif juga rentan mengalami infeksi, baik yang menyerang sistem pencernaan dan pernapasan.

Diberitakan sebelumnya, kasus diabetes pada anak dilaporkan mengalami peningkatan. Berdasarkan catatan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), saat ini ada sekitar 1.645 anak di Indonesia yang mengalami diabetes. Angka ini diprediksi melonjak hingga 70 kali lipat sejak 2010 lalu.

Diabetes tipe 1 menjadi jenis yang paling banyak dialami anak sebanyak 90 persen dari keseluruhan kasus. Diabetes jenis ini dipicu oleh kondisi autoimun yang merupakan bawaan lahir.

Sementara 10 persen lainnya merupakan anak dengan diabetes tipe 2. Diabetes jenis ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

(del/asr)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: IDAI Sebut Penderita Diabetes Pada Anak Melonjak 70 Kali Lipat


[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Diabetes Anak, Diabetes, Featured, Pilihan, Kesehatan]

Baca Juga

Komentar