Pilihan

Belanda Tawarkan Penanganan Sampah ke Pemkot Medan, Begini Kata Bobby Nasution - Beritasatu

 

Belanda Tawarkan Penanganan Sampah ke Pemkot Medan, Begini Kata Bobby Nasution

Antara
  Belanda Tawarkan Penanganan Sampah ke Pemkot Medan, Begini Kata Bobby Nasution
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kiri) mendengarkan pemaparan Dubes Belanda Lambert Grijns di Medan, Sumut, Selasa (7/2/2023). Belanda menawarkan kerja sama penanganan sampah. (Foto : Antara /HO-Diskominfo Kota Medan)

MEDAN, iNews.id - Duta Besar (Dubes) Belanda untuk Indonesia HE Lambert Grijns menawarkan kerja sama penanganan sampah ke Pemerintah Kota Medan, Sumut. Kerja sama yang ditawarkan ini berupa pengelolan sampah dari awal hingga pembuangan.

HE Lambert Grijns menjelaskan jiak tujuan kedatangannya ini untuk menawarkan kerja sama waste management dan renewable energi.

Waste management yang ditawarkannya pemerintah Belanda ini merupakan aktivitas mengelola sampah mulai dari awal hingga pembuangan.

"Tentunya kami berharap hubungan antara Pemkot Medan dengan Pemerintah Belanda terus terjalin, sehingga dapat berkolaborasi bersama-sama ke depannya," kata Lambert saat berkunjung ke Pemkot Medan Selasa (7/2/2023).

Sementara itu Wali Kota Medan, Bobby Nasution menyebut banyak perusahaan mengajak Pemkot Medan bekerjasama mengatasi sampah, termasuk Dubes Belanda.

"Pemkot Medan sendiri selalu membuka diri bagi siapa saja yang ingin berkontribusi dalam penanganan sampah diproduksi sekitar 2.000 ton per hari," ujar Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Sumut.

Persoalan sampah menurut Bobby Nasution termasuk salah satu dari lima program prioritas yang ingin dituntaskan hingga berakhir masa jabatannya.

Bobby mengaku Pemkot Medan juga telah melakukan kesepakatan bersama PT PLN (Persero) untuk meneliti pengembangan pengelolaan sampah menjadi bahan bakar padat untuk cofiring Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

"Kita terus memperkuat sarana dan prasarana guna mendukung percepatan penanganan sampah," ucapnya.

"Pemkot Medan akan mengubah sistem pengolahan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Terjun dari open dumping menjadi sanitary landfill. Insya Allah, Februari ini sistem itu sudah dapat dioperasikan," ujar Bobby.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsSumut di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Bobby Nasution,Medan,Belanda, Featured, Pilihan]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek