Biawak Tak Bertelinga dari Kalimantan, Hewan Endemik yang Mirip Buaya - Sindonews

 

Biawak Tak Bertelinga dari Kalimantan, Hewan Endemik yang Mirip Buaya

Biawak Tak Bertelinga dari Kalimantan, Hewan Endemik yang Mirip Buaya
Biawak Tak Bertelinga dari Kalimantan, Hewan Endemik yang Mirip Buaya (Foto: Dok BKSDA Kalbar)

PONTIANAK, iNews.id - Biawak tak bertelinga dari Kalimantan ini mirip buayaHewan endemik dengan nama ilmiah Lanthanotus Borneensis ini ditemukan di daerah Landak, Kalimantan Barat pada 30 Mei 2008. 

Biawak tak bertelinga juga kerap disebut biawak Borneo. Dilansir dari laman resmi BKSDA, biawak ini aktif pada malam hari (nocturnal). Hewan ini termasuk dalam hewan semi-akuatik yang hidup di air dan darat. Hewan reptil ini sulit ditemui lantaran jarang muncul.

Ciri umum biawak tak bertelinga yakni tidak ada lipatan gular, hidung tumpul dan telinga eksternal. Uniknya, biawak ini memiliki kelopak mata transparan yang lebih rendah daripada hewan lain.

Hewan ini mirip dengan buaya lantaran kulitnya dipenuhi dengan gerigi. Bentuknya pun tersusun dari bagian kepala sampai pada ekor. Sejauh ini semua yang ditemukan biawak ini warna coklat tua namun pada bagian atas dan berwarna coklat muda di perut.

Setiap kaki hewan ini memiliki lima jari. Biawak tak bertelinga ini bahkan disebut fosil hidup karena hewan ini ada masih ada saat hewan lain punah. Ukuran biawak tak bertelinga ini sekitar 42 hingga 55 cm. Badan dan ekor biawak tanpa telinga ini bentuknya silinder. 

Para ahli memperkirakan biawak tanpa telinga cuma ada di Serawak (Malaysia) dan Kalimantan Barat. Hewan ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar masuk dalam daftar satwa liar yang dilindungi.


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar