Erdogan Sebut Gempa Turki 3 Kali Lebih Kuat daripada 1999, Hancurkan Ratusan Ribu Bangunan - inews

 

Erdogan Sebut Gempa Turki 3 Kali Lebih Kuat daripada 1999, Hancurkan Ratusan Ribu Bangunan

Anton Suhartono
Erdogan Sebut Gempa Turki 3 Kali Lebih Kuat daripada 1999, Hancurkan Ratusan Ribu Bangunan
Presiden Erdogan sebut gempa M7,8 pada 6 Februari lebih kuat 3 kali lipat daripada guncangan pada 1999 (Foto: Reuters)

ANKARA, iNews.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperbarui jumlah korban tewas dan kerusakan akibat gempa bumi bermagnitudo 7,8 dan 7,7 pada Senin lalu. Dia menyebut total korban tewas hingga Sabtu (11/2/2023) malam WIB telah menembus 21.000 orang atau tepatnya 21.043.

Dia juga mengungkap ratusan ribu bangunan tempa tinggal tak bisa dihuni lagi pasca-dua gempa dahsyat yang terjadi di hari yang sama. Kedua gempa itu berlangsung dalam selang waktu 9 jam bertitik pusat di provinsi yang sama yakni Kahramanmaras.

"Total 21.043 orang meninggal dan 80.097 warga menderita luka," kata Erdogan, saat berkunjung ke provinsi terdampak, Diyarbakir, dikutip dari Sputnik.

Dia melanjutkan, gempa Turki kali ini tiga kali lebih kuat daripada guncangan bermagnitudo 7,4 pada 1999. Gempa saat itu menewaskan lebih dari 17.000 orang.

Lebih lanjut Erdogan menegaskan pemerintah akan segera membangun gedung baru bagi warga yang terdampak. Bangunan itu akan dibuat tiga sampai empat tingkat dan ditargetkan rampung dalam setahun.

Menurut Erdogan, pembangunan gedung baru akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang.

Dia juga menyoroti maraknya kriminalitas di lokasi gempa. Pemerintah akan bertindak tegas kepada siapa saja yang mengambil kesempatan dari penderitaan orang lain. Siapa saja yang terlibat pernjarahan dan kejahatan lainnya di lokasi gempa akan ditindak tegas.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

[Category Opsiin, Media Informasi]


Baca Juga

Komentar