Inspiratif, Anggota Bhabinkamtibmas di Depok Jajakan Kopi Gratis Sambil Berkeliling - inews

 

Inspiratif, Anggota Bhabinkamtibmas di Depok Jajakan Kopi Gratis Sambil Berkeliling

Kamis, 9 Februari 2023 | 12:42 WIB
Oleh: Achmad Fauzi / CAH

Aipda Mohadi, anggota Kepolisian Polres Metro Depok yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sukmajaya, Depok, Jawa Barat menjajakan kopi panas sambil berkeliling dengan motor dinas yang sudah dimodifikasi.
Aipda Mohadi, anggota Kepolisian Polres Metro Depok yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sukmajaya, Depok, Jawa Barat menjajakan kopi panas sambil berkeliling dengan motor dinas yang sudah dimodifikasi. (Foto: Beritasatu.com/ Achmad Fauzi)

Depok, Beritasatu.com - Kisah inspiratif datang dari seorang polisi yang bertugas di Polsek Sukmajaya, Depok sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). Untuk menjaga kondisi wilayahnya tetap kondusif, polisi berpangkat Aipda ini rela memodif motor dinasnya dengan menjajakan kopi panas sambil berkeliling.

Advertisement

Dia adalah Aipda Mohadi, anggota Kepolisian Polres Metro Depok yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Tugas yang diembannya sebagai pembinaan masyarakat, tampaknya dijalankan dengan ikhlas dan sungguh-sungguh.

Bagaimana tidak, memiliki inspiratif yang dirasa ampuh menciptakan kondisi wilayahnya yang kondusif, Aipda Mohadi menyambangi warganya satu persatu sambil membuatkan kopi panas.

Dengan diberi nama ngupi curhat bareng Binmas (ngucur mas), Aipda Mohadi memodif motor dinasnya layaknya penjual kopi keliling lengkap dengan gerobak, termos dan aneka macam kopi. Dan tentu kopi yang di suguhkannya untuk warga gratis.

Advertisement

Aipda Mohadi mengatakan, ide inspiratif ini bermula dari program Kapolda Metro Jaya yakni Jumat Curhat. Karena ingin lebih dekat lagi dengan warganya setiap hari, tercetuslah dipikirannya untuk membuat ide ngucur mas ini.

Inspiratif, Anggota Bhabinkamtibmas di Depok Jajakan Kopi Gratis Sambil Berkeliling
Aipda Mohadi, anggota Kepolisian Polres Metro Depok yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sukmajaya, Depok, Jawa Barat menjajakan kopi panas sambil berkeliling dengan motor dinas yang sudah dimodifikasi.

"Iya pertama kali ada program Jumat Curhat dari Bapak Kapolda Metro Jaya. Namun jika curhat ya itu kan cuma curhat doang. Dan saya punya inspirasi, inovasi, kalau mau dekat dengan masyarakat langsung harus sambil ngopi, akhirnya terbentuk yang namanya ngucur mas ini," katanya saat ditemui sedang membuatkan kopi untuk masyarakat.

Baru dua hari ide ngucur mas ini dilakukan, Aipda Mohadi menuturkan jika respons masyarakat sangat baik. Bahkan dalam satu hari, Mohadi bisa membuatkan kopi sebanyak 115 gelas.

"Alhamdulillah warga masyarakat respons sekali. Sebenarnya sudah dari Minggu kemarin, hanya baru saya laksanakan dua hari ini, Alhamdulillah 115 gelas abis," ujar Mohadi.

Menurut Aipda Mohadi, dengan ngucur mas ini dirinya bisa mendapatkan masukan dan keluhan dari masyarakat yang pastinya tidak terpantau olehnya.

"Pasti ya mas, tentu banyak masukan dari masyarakat terkait gangguan Kamtibmas. Tapi Alhamdulillah selama saya menjadi Binmas, wilayah saya aman," ucapnya.

Meski harus mengorbankan tenaga, pikiran dan modal untuk ide ngucur mas ini, Aipda Mohadi mengaku ikhlas, bangga dan senang karena ide ini mendapat dukungan positif dari pimpinannya. Bahkan yang lebih membuat dirinya bahagia adalah, sang istri mendukung idenya.

"Alhamdulillah sekali ya mas Bapak Kapolsek, Bapak Kapolres mendukung, sayang senang sekali bisa berbagi dengan masyarakat. Sebelum buat ide ini saya konsultasi dengan istri yang mendukung sekali sampai dia belikan termos untuk memasak air," ungkapnya.

Inspiratif, Anggota Bhabinkamtibmas di Depok Jajakan Kopi Gratis Sambil Berkeliling
Motor Aipda Mohadi, anggota Kepolisian Polres Metro Depok yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sukmajaya, Depok, Jawa Barat yang sudah dimodifikasi untuk menjajakan kopi panas sambil berkeliling.

"Ya saya buat gerobak ini dua hari bersama teman. Semua biaya dari saya dan insya Allah berkah buat saya mas dan keluarga," pungkasnya.

Sejumlah warga menuturkan, ide yang dijalankan Aipda Mohadi sangat bermanfaat. Tidak hanya meminum kopi gratis, namun mereka bisa mengutarakan keluhan tanpa harus melapor ke kantor polisi.

"Baik sekali mas, jarang polisi buatkan kopi untuk masyarakat," tutur Adit.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Bhabinkamtibmas, Featured, Pilihan, Inspirasi]

Baca Juga

Komentar