Jokowi Dorong Keanggotaan Penuh Timor Leste di ASEAN - inews

 

Jokowi Dorong Keanggotaan Penuh Timor Leste di ASEAN

Senin, 13 Februari 2023 | 12:47 WIB
Oleh: Ichsan Ali / FMB

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 13 Februari 2023.
Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak dan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin, 13 Februari 2023. (Foto: Beritasatu.com)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong keanggotaan penuh bagi Timor Leste di ASEAN. Dukungan Indonesia disampaikan saat Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (13/2/2023).

Advertisement

Jokowi mengungkapkan keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun ini secara prinsip sudah menerima Timor Leste sebagai anggota, sesuai hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh Kamboja, pada 10-13 November 2022 lalu.

"Roadmap keanggotaan penuh sedang disiapkan dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN saat ini dan Timor Leste telah mengikuti pertemuan-pertemuan ASEAN dengan status observer, termasuk pertemuan para Menlu ASEAN awal Februari yang lalu," ungkap Jokowi saat jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (13/2/2023) pagi.

Adapun, PM Taur sangat berterima kasih atas langkah besar yang diambil Indonesia dalam mendorong keanggotan penuh Timor Leste di ASEAN.

Advertisement

"Merupakan satu langkah besar di mana yang mulia Bapak Jokowi telah sebutkan bahwa di masa depan kita akan melakukan penguatan pada lingkup memperkuat dan memperdalam hubungan diplomat dan ekonomi kita," kata Taur.

"Saya akan berterima kasih juga kepada fakta bahwa Timor Leste menjadi anggota ke-11 observer di ASEAN dan juga atas support dari Presiden Jokowi karena terus memberikan bantuan. Kami mempersiapkan lebih baik untuk masuk ke ASEAN," imbuhnya.

Diketahui, pertemuan Jokowi dan Taur menghasilkan penandatanganan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antarkedua negara, yakni pada bidang pendidikan tinggi, bidan pengembangan sumber daya manusia dan pertukaran pengetahuan, bidang teknik perindustrian, bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, dan bidang pembangunan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar