Pilihan

KSAD Usulkan Penambahan Kodam di Tiap Provinsi, Menhan Prabowo: Sesuai Sishankamrata

 

KSAD Usulkan Penambahan Kodam di Tiap Provinsi, Menhan Prabowo: Sesuai Sishankamrata

Kukuh S. Wibowo

Sabtu, 11 Februari 2023 20:31 WIB

TEMPO.COJakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan rencana penambahan markas komando daerah militer atau kodam yang mengemuka baru-baru ini sudah sesuai dengan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata).

"Itu rencana garis besar kita karena sistem pertahanan kita adalah pertahanan bersama rakyat semesta, jadi kita butuh bersama selalu dengan pemerintah daerah, pemerintah sipil," kata Prabowo seusai melepas keberangkatan bantuan kemanusiaan Tahap I untuk korban gempa Turki di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 11 Februari 2023.

Baca Juga:

Menurut Menhan, hal serupa sudah dilakukan oleh Polri yang memiliki markas kepolisian daerah di tiap provinsi. Oleh karena itu, Prabowo menginginkan langkah tersebut turut diberlakukan untuk kodam.

Harga-390rb-REMP-2

"Polisi sudah ke arah situ, di setiap provinsi ada polda dan sekarang kita tingkatkan menjadi kodam. Sekarang sudah ada korem-korem (komando resor militer). Itu rencana kita," ujar Prabowo.

Saat ini terdapat 18 kodam di seluruh Indonesia. Dengan rencana terbaru, Menhan menginginkan kodam berdiri di setiap provinsi, termasuk empat provinsi daerah otonomi baru (DOB) di Papua.

Baca Juga:

Kendati demikian, Menhan belum bisa memastikan kapan rencana restrukturisasi kodam tersebut dapat diimplementasikan."Kita godok terus. Insyaallah, kita mulai sedikit-sedikit," kata Prabowo.

Panglima TNI Setuju

Sebelumnya Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengemukakan rencana membentuk markas kodam di setiap provinsi di Indonesia, yang disebutnya telah sepersetujuan Menhan Prabowo dan Panglima TNI Laksaman Yudo Margono.

"Sesuai dengan perintah dari Menhan dan Panglima TNI sudah setuju nanti setiap provinsi akan ada kodam," kata Dudung usai Rapat Pimpinan TNI AD Tahun Anggaran 2023 di Markas Besar AD, Jakarta, Jumat kemarin, 10 Februari 2023.

Setelah diusulkan kepada Panglima TNI, Dudung berujar usulan kodam di setiap provinsi itu akan diteruskan kepada menteri terkait.

"Panglima nanti akan mengusulkan kepada Kemhan, Kemhan nanti akan mengusulkan kepada Menpan RB. Tentunya nanti juga akan dibicarakan dengan Menteri Keuangan karena kan menyangkut masalah anggaran," tutur Dudung.

Rayakan HUT Gerindra di Depok, Ahmad Muzani: Syarat Kurangi Kemiskinan di RI, Prabowo Jadi Presiden

22 jam lalu

Prabowo Subianto tidak hadir dan menyampaikan salam kepada massa Partai Gerindra yang hadir di Lapangan Kopelindo, Pancoran Mas, Depok.

Panglima TNI: Tim Gabungan Sudah Deteksi Lokasi Pilot Susi Air

3 hari lalu

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan tim gabungan TNI-Polri berhasil mendeteksi lokasi pilot pesawat Susi Air yang disandera KKB Papua.

Survei TSRC Sebut Prabowo Paling Banyak Belanja Iklan di Facebook

3 hari lalu

The Strategic Research and Consulting (TSRC) mengungkapkan Prabowo Subianto merupakan kandidat capres yang merogoh kocek paling banyak untuk belanja iklan

Fakta-fakta Seputar Peringatan Satu Abad NU, Apa Saja?

4 hari lalu

Tempo merangkum fakta-fakta seputar peringatan Satu Abad NU, baik sebelum maupun ketika acara. Apa saja?

Soal Utang Anies Rp 50 Miliar, Sandiaga Uno: Biar Pihak Terkait yang Menyampaikan

4 hari lalu

Sandiaga Uno enggan memperpanjang pembahasan soal utang Anies Baswedan Rp 50 miliar untuk Pilkada DKI Jakarta.

Hadiri Peringatan Satu Abad NU, Prabowo Dikerubuti Nahdliyyin dan Diteriaki Presiden

4 hari lalu

Prabowo Subianto menghadiri perayaan satu abad Nahdlatul Ulama pada Selasa 7 Februari 2023. Terdapat suatu momen dimana Prabowo dikerubuti Nahdliyyin

Prabowo Ungkap Alasan Gabung dengan Pemerintahan Jokowi

5 hari lalu

Dalam pidato di HUT ke-15 Partai Gerindra, Prabowo menyebut alasannya bergabung dengan pemerintahan Jokowi setelah sebelumnya rival di Pilpres 2019.

Soal Deklarasi Capres-Cawapres KIR, Gerindra: Pak Muhaimin Minta Sebelum Puasa

5 hari lalu

Sekjen Gerindra menyebut Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ingin deklarasi capres dan cawapres ditetapkan sebelum Ramadan.

Panglima TNI Yudo Margono Meminta Prajurit PPRC Jangan Sampai Melanggar HAM

5 hari lalu

Panglima TNI Laksmana Yudo Margono meminta kepada seluruh prajurit PPRC TNI untuk tidak melanggar hukum dan HAM.

Soal Capres-Cawapres, Gerindra: Pak Muhaimin Paling Kuat Jadi Pendamping Prabowo

5 hari lalu

Muzani mengamini jika kandidat unggulan capres cawapres di koalisi KIR adalah Prabowo dan Muhaimin Iskandar.


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek