Lokasi Kapolda Jambi: Perbukitan Hutan Lebat, Kemiringan 40 Derajat - CNN Indonesia

 

Lokasi Kapolda Jambi: Perbukitan Hutan Lebat, Kemiringan 40 Derajat

CNN Indonesia
3-4 minutes
Senin, 20 Feb 2023 10:12 WIB

Tim evakuasi gabungan telah menemukan titik koordinat atau lokasi kecelakaan helikopter Kapolda Jambi bersama stafnya di pergunungan Kerinci, Jambi.

Tim SAR bersiap melakukan evakuasi rombongan Kapolda Jambi yang terjebak di hutan lebat. Arsip foto Basarnas Jambi

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Jambi, CNN Indonesia --

Tim evakuasi gabungan Polri, TNI dan Basarnas telah berhasil menemukan titik koordinat atau lokasi tempat kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda Jambi bersama stafnya di pergunungan Kerinci, Jambi.

Humas Basarnas Jambi Lutfi mengatakan perjalanan ke titik lokasi membutuhkan waktu sampai 4 jam. Lokasi titik helikopter merupakan hutan lebat dengan perbukitan yang kemiringannya 30 sampai 40 derajat.

"Saat ini lokasinya mendung dan berkabut. Basarnas Jambi telah menerjunkan 11 personel menuju lokasi kejadian, dengan rincian 8 personel Rescue Pos SAR Kerinci melalui darat menggunakan rescue truck dan motor trail dengan estimasi sampai lokasi sekitar 2 hari," kata Lutfi saat dikonfirmasi, Senin (20/2).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah menemukan titik lokasi jatuh helikopter, tim evakuasi jalur udara akan mencoba melakukan evakuasi lewat udara. Untuk sementara, tim evakuasi jalur udara memberikan logistik kepada Kapolda Jambi dan rombongan.

"Pagi ini sekitar pukul 07.40 WIB, tim sudah berhasil menemukan titik lokasi kecelakaan helikopter yang ditumpangi Kapolda dan beberapa saat kemudian helikopter evakuasi juga telah menurunkan logistik di dekat lokasi kejadian," kata Karo Ops Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko.

Untuk sementara baru bantuan logistik yang diturunkan oleh tim evakuasi. Proses penyelamatan masih menunggu koordinasi lanjutan.

"Ada makanan, obat-obatan, selimut dan power bank. Namun belum evakuasi, karena helikopter ini harus kembali ke Jambi untuk mengambil perlengkapan," ujar Kabid Humas Polda Jambi Kombes Mulia Prianto, Senin (20/2) pagi.

Rombongan Polda Jambi ini telah menggunakan bantuan logistik. Kondisi mereka masih sadar dan menunggu Tim SAR gabungan.

"Tadi sudah berkomunikasi lewat handphone. Kondisi mereka masih sadar," kata Mulia.

Setelah menyalurkan logistik, ujar Mulia, helikopter Polda Sumatera Selatan kembali ke Jambi untuk mengambil perlengkapan.

"Nanti bergabung dengan helikopter Polairud Bharkam Polri yang sedang meluncur ke Jambi. Helikopter tersebut kembali ke sana untuk mengevakuasi Kapolda Jambi dan rombongan," katanya.

Sedangkan tim SAR yang melalui jalur darat, sedang menuju titik lokasi di mana Kapolda Jambi dan rombongan berada. 

"Tim kesehatan menyusul bersama tim Brimob dan tim SAR. Sampai sekarang belum tiba di lokasi Berjarak 3,4 kilometer. Masih berupaya untuk mendekat," ujar Mulia.

(msa/gil)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Heli Kapolda Jambi Mendarat Darurat di Kawasan Bukit Tamia


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar