Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki -

 

Salju, Cuaca Buruk Hambat Upaya Penyelamatan Korban Gempa Turki

Senin, 6 Februari 2023 | 21:56 WIB
Oleh: Yudo Dahono / YUD

Petugas penyelamat dan tim medis berusaha menjangkau warga yang terjebak di bangunan yang runtuh setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki, Senin, 6 Februari 2023.
Petugas penyelamat dan tim medis berusaha menjangkau warga yang terjebak di bangunan yang runtuh setelah gempa bumi di Diyarbakir, Turki, Senin, 6 Februari 2023. (Foto: AP)

Istanbul, Beritasatu.com - Kondisi salju, hujan, dan cuaca buruk menghambat operasi pencarian dan penyelamatan korban tewas akibat gempa Turki yang diperkirakan mencapai 1.800 orang, Senin (6/2/2023). Cuaca buruk menghambat upaya penyelamatan setelah gempa dengan magnitudo 7,8 dan gempa susulan yang kuat bermagnitudo 7,5 yang melanda Turki bagian selatan dan Suriah barat laut pada sore hari.

Advertisement

Menurut Lembaga Survei Geologi AS (USGS), gempa itu terjadi pada pukul 04:17 waktu setempat (01:17 GMT) pada hari Senin di kedalaman sekitar 17,9 km yang menyebabkan runtuhnya dan kehancuran bangunan di seluruh wilayah. Itu juga dirasakan di Siprus serta Lebanon.

Setidaknya sebanyak 1.014 jiwa menjadi korban di Turki, sementara itu setidaknya 783 orang tewas di Suriah sejauh ini.

Selain kehancuran akibat gempa, Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan bahwa pihak berwenang serta tim penyelamat juga berjuang dengan kondisi cuaca yang sangat buruk.

Advertisement

“Kami berusaha menjangkau wilayah itu secepat mungkin,” kata Oktay kepada media.

Wartawan Al Jazeera Sinem Koseoglu yang melaporkan dari Istanbul, mengatakan kondisi musim dingin yang keras membuat situasi di lapangan “sangat sulit”.

“Di mana-mana ada salju atau hujan, dan sangat dingin… kondisi cuaca dan iklim membuat sangat sulit bagi petugas penyelamat dan warga sipil,” katanya. “Tampaknya ini menjadi tantangan terbesar bagi semua orang.”

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Al Jazeera


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Gempa Bumi, Turki, Featured, Pilihan, Salju]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek