Pilihan

Tebing Setinggi 35 Meter di Kuningan Longsor - Beritasatu

 

Tebing Setinggi 35 Meter di Kuningan Longsor

Kamis, 16 Februari 2023 | 11:30 WIB
Oleh: Candra Kurnia / JAS

Petugas memperhatikan tebing penahan tanah (TPT) setinggi 35 meter yang longsor di kawasan Cikentrung, Kecamatan Kuningan, Jawa Barat.
Petugas memperhatikan tebing penahan tanah (TPT) setinggi 35 meter yang longsor di kawasan Cikentrung, Kecamatan Kuningan, Jawa Barat. (Foto: Beritasatu Photo/Candra Kurnia)

Kuningan, Beritasatu.com - Hujan yang mengguyur Kabupaten Kuningan sejak siang kemarin, Rabu (15/2/2023), mengakibatkan tebing penahan tanah (TPT) setinggi 35 meter di kawasan Cikentrung, Kecamatan Kuningan, Jawa Barat, longsor.

Advertisement

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sedikitnya 4 rumah yang berada di pinggir tebing terancam ambruk.

Longsor tersebut terjadi pada Rabu (15/2) sore sekitar pukul 17.00 WIB, akibat dari hujan yang mengguyur wilayah Kuningan sejak siang.

Saat ini, tim dari BPBD Kabupaten Kuningan sedang melakukan asesmen untuk melakukan evakuasi warga yang rumahnya terancam akibat tanah longsor.

Advertisement

Menurut Agustina, Kasi Pemerintahan Kelurahan Kuningan, mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB, akibat intensitas hujan yang tinggi.

"Kejadiannya sekitar pukul 17.00 WIB kemarin, akibat dari hujan yang terjadi sejak siang," ungkapnya.

Kata Agustina, tinggi tebing yang mengalami longsor 35 meter dengan panjang 30 meter, dan mengancam sedikitnya 4 rumah.

"Tingginya 35 meter, panjangnya 30 meter, ada 2 rumah yang terancam, ada kemungkinan longsor ini meluas, jadinya bisa 4 rumah yang terancam," katanya.

Agustina menambahkan, saat ini petugas BPBD sedang melakukan asesment terkait dengan evakuasi warga yang rumahnya terancam ambruk.

"Antisipasinya, kita sedang lakukan asesmen dengan BPBD Kuningan, jika perlu penghuni rumah ini akan dievakuasi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Sementara petugas kepolisian Polsek Kuningan, memasang garis polisi di sekitar lokasi longsor, agar warga tidak mendekat. Ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan mengingat longsor susulan bisa terjadi karena kondisi tanah masih labil dan intensitas hujan masih tinggi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek