Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Warga Adat: Hutan Kerinci Lokasi Kapolda Jambi Kawasan Terlarang - CNN Indonesia

 

Warga Adat: Hutan Kerinci Lokasi Kapolda Jambi Kawasan Terlarang

CNN Indonesia
4-4 minutes
Selasa, 21 Feb 2023 13:57 WIB

Depati Muara Lengkap Mukhir Soni berharap tim evakuasi rombongan Kapolda Jambi segera meminta izin dan mengadakan prosesi Sirih Sekapur.

Kawasan hutan yang menjadi lokasi pendaratan darurat rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono disebut tak bisa sembarangan dilewati. (Arsip Humas Polri)

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Jakarta, CNN Indonesia --

Kawasan hutan yang menjadi lokasi pendaratan darurat rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono disebut tak bisa sembarangan dilewati. Lokasi yang berada di Desa Tamiai, Kerinci, Jambi tersebut merupakan wilayah terlarang bagi masyarakat adat Muara Langkap.

"Seharusnya jalur heli kan cukup menelusuri Sungai Batang Merangin. Renah si hijau dan gunung betuah itu terlarang dimasuki sembarang orang," ujar Depati atau Tokoh Adat Muara Langkap, Mukhri Soni, Selasa (21/2) melalui sambungan telepon.

Pemimpin adat Muara Langkap diturunkan dari generasi ke generasi untuk menjaga tradisi masyarakat setempat agar selaras dengan lingkungan sekitar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Soni mengatakan dalam kepercayaan masyarakat adat setempat, perlu ada prosesi adat untuk masuk ke kawasan hutan tersebut, yakni meminta izin dan menyiapkan upacara adat Sirih Sekapur.

"Boleh dilewati tetapi meminta izin kepada Depati," ujarnya.

Soni berharap para pihak yang terlibat dalam evakuasi rombongan Kapolda Jambi segera meminta izin dan mengadakan prosesi Sirih Sekapur.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan agar proses evakuasi bisa lebih lancar.

Rombongan Kapolda Jambi yang terjebak di hutan Bukit Tamiai, Kerinci, Jambi masih belum bisa dievakuasi sejak helikopter mendarat darurat, Minggu (19/2). Tim SAR gabungan masih menunggu cuaca cerah di titik lokasi tersebut.

Kabid Humas Polda Jambi Mulia Prianto mengatakan kondisi lokasi rombongan Kapolda Jambi berada kembali berkabut tebal. Helikopter dari Polairud Baharkam Polri sempat ke lokasi tersebut sekitar pukul 09.00 WIB, tetapi belum bisa melalukan evakuasi.

"Cuaca masih berkabut dan tidak memungkinkan sehingga helikopter kembali ke lapangan posko untuk melakukan pengisian avtur (bahan bakar)," ujarnya.

Saat ini tim SAR gabungan masih menunggu cuaca cerah atau tidak berkabut tebal. Jika mendapatkan informasi itu, tim SAR gabungan akan langsung meluncur dengan menggunakan helikopter yang dilengkapi peralatan hoist untuk mengangkut para korban.

Para korban terpaksa menginap di tenda darurat dalam kondisi terluka. Rombongan ini dijaga dan dirawat dua tim SAR yang datang dari jalur darat, satu serta tim yang datang dari jalur udara, yang totalnya sekitar 30 orang.

Para korban kecelakaan ini, yaitu Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono, Direktur Reskrimum Polda Jambi Kombes Pol Andri Ananta Yudistira, Direktur Polairud Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan, Koorspri Polda Jambi Kompol Ayani, dan ADC Kapolda Jambi, serta 3 orang kru.

(msa/fra)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Proses Evakuasi Rombongan Kapolda Jambi di Hutan Kerinci 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek