Pilihan

5 Orang Terkaya di Jawa Timur, Nomor 4 Pernah Jadi Politisi Senayan - inews

 

5 Orang Terkaya di Jawa Timur, Nomor 4 Pernah Jadi Politisi Senayan

5 Orang Terkaya di Jawa Timur, Nomor 4 Pernah Jadi Politisi Senayan
Tahir, salah satu orang terkaya di Jawa Timur.

SURABAYA, iNews.id - Lima orang terkaya di Jawa Timur (Jatim) ini menginspirasi banyak orang di Indonesia. Banyak di antara mereka yang ingin meniru, bagaimana mereka bekerja dan mendedikasikan hidupnya di masyarakat hingga menjadi orang sukses. 

Maklum saja, jumlah kekayaan kelima orang ini luar biasa banyak. Saking banyaknya, kekayaan mereka juga tidak akan habis sekalipun dibelanjakan berjuta-juta setiap harinya. 

Baca Juga

Lalu, siapakah orang terkaya di Jatim itu dan berapa total kekayaannya? berikut daftaranya:

1. Dato Sri Tahir

Orang terkaya di Jawa Timur yang populer salah satunya Dato Sri Tahir. Tahir merupakan pendiri perusahaan Mayapada Group. Selain itu Tahir juga berhasil menduduki peringkat 16 sebagai orang terkaya di indonesia. 

Pengusaha kelahiran Surabaya ini memiliki kekayaan hingga mencapai Rp35,7 triliun. Seperti yang telah banyak orang ketahui, Mayapada Group merupakan bisnis yang berada di sektor pelayanan, perbankan, tata ruang properti dan juga kesehatan.

Baca Juga

2. Susilo Wonowindjojo

Kekayaan Susilo Wonowidjojo berasal dari kepemilikan pabrik rokoknya. Mengutip data Forbes, harta kekayaan Susilo mencapai Rp69,12 triliun. (Foto: Dok. Gudang Garam)
Susilo Wonowidjojo (Foto: Dok. Gudang Garam)

Orang terkaya di Jawa Timur berikutnya yakni Susilo Wonowindjojo. Nama Susilo cukup terkenal, terutama bagi masyarakat Surabaya. Susilo Wonowindjojo yang  merupakan penerus dari bisnis PT Gudang Garam ini terbilang sangat tajir. Itu sebabnya, dia masuk daftar orang terkaya nomor tujuh di Indonesia. 

Susilo Wonowidjojo memiliki kekayaan hingga USD 4,8 miliar atau setara dengan Rp71,2 triliun. Susilo Wonowidjojo saat ini sedang meneruskan bisnis rokok yang dibangun oleh ayahnya pada tahun 1958 lalu. 

PT Gudang Garam sebelum  dipimpim oleh Susilo Wonowidjojo dikelola oleh kakaknya yang bernama Rachman Halim hingga pada tahun 2008. Kemudian sang kakak meninggal, sehingga Susilo Wonowidjojo yang menggantikan dan menjabat sebagai direktur. Sedangkan adiknya, Juni Setiawati menjabat sebagai komisaris. 

3. Eddy Wiliam Katuari

Eddy Willian merupakan seorang pimpinan dari perusahaan Wigs Group. Eddy willian berhasil menduduki urutan ke-39 orang terkaya di indonesia dari 50 orang kayak di Indonesia. Kekayaan yang dimiliki Eddy William mencapai Rp16,3 triliun. 

Kekayaan yang dimiliki dihasilkan dari bisnis-bisnis yang dimilikinya. PT Wings Group dipimpin oleh Eddy Willian pada tahun 2004.

4. Murdaya Poo

Kisah Murdaya Poo menarik untuk dibahas karena menjadi inspirasi banyak orang. Dia memulai usaha sebagai penjual koran hingga dikenal memiliki grup mal mewah. (Foto: SINDOnews)
Murdaya Poo (Foto: SINDOnews)

Murdaya Poo merupakan seorang pengusaha sukses yang beretempat lahir di Blitar Jawa Timur. Murdaya Poo merupakan seorang pendiri dan pimpinan dari bisnis kontraktor yang diberinama Central Ciita Murdaya Group. 

Bisnis yang didirikan oleh Murdaya berdiri sejak tahun 1992 dan telah berkembang pesat sampai saat ini. Oleh karena itu, bisnis itu banyak sekali menyumbang cuan sampai bisa menduduki posisi ke-37 sebagai orang terkaya di Indonesia.

Tidak tanggung-tanggu, jumlah harta yang dimiliki Murdata Poo mencapai 1,1 miliar Dolar Amerika atau setara dengan Rp16 triliun. Selain berbisnis, Murdaya Poo juga pernah masuk ke dalam dunia politik hingga mengantarkannya ke Senayan. Murdaya menjadi anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan.
 
5. Wijono dan Hermanto Tanoko

Hermanto Tanoko bersama ayahnya. (Foto: ig hermantotanoko).
Hermanto Tanoko bersama ayahnya. (Foto: ig hermantotanoko).

Orang terkaya di Jawa Timur berikutnya, yakni Wijono dan Hermanto Tanoko. Dua pengusaha ini merupakan pimpinan dan pemilik dari bisnis Cat PT Avia Avian. Pengusaha tersebut berhasil menduduki urutan ke-11 dari orang paling kaya di Indonesia. 

Kekayaan yang Wijono dan Hermanto Tanoko miliki mencapai jumlah Rp 48,9 triliun. Kedua pengusaha kakak beradik ini merupakan penurus ahliwaris dari bisnis produsen cat paling besar kedua di Indonesia, yang di dirikan oleh ayahnya pada kala itu. 

Dengan dibawah pimpinan dari Wijono dan Hermanto Tanoko,perusahaan ini sudah sangat berhasil jaya di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2021 lalu, dengan harga pelaksanaan yang menyentuh Rp930. Tak hanya itu bahwa perusahaan ini sudah membawahi delapan perusahaan yang bergerak di berbagai macam bidang. 

Membicarkan orang terkaya di Jawa Timur ini tentu tidak ada habisnya. Masih banyak lagi yang belum termasuk dalam daftar orang kaya yang ada di Jawa Timur. Itulah tadi daftar orang terkaya di Jawa Timur yang bisa menginspirasi. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek