Pilihan

Deretan Kasus Kebakaran Kilang dan Depo Pertamina, Teranyar di Depo Plumpang - Tempo

 

Deretan Kasus Kebakaran Kilang dan Depo Pertamina, Teranyar di Depo Plumpang

Minggu, 5 Maret 2023 12:06 WIB

TEMPO.COJakarta - Jumat malam, 3 Maret 2023, api menjalar di tangki-tangki penyimpanan minyak di Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Kebakaran tersebut merembet ke permukiman warga Tanah Merah yang berada tak lebih dari 500 meter dari tempat kejadian.

Kebakaran tersebut telah menyebabkan sedikitnya 17 orang meninggal, puluhan orang luka-luka dan sekitar 1.000 warga mengungsi.

Baca Juga:

Plumpang bukan kali pertama kasus kebakaran terjadi di Depo Pertamina. Sebelumnya, sejumlah kasus kebakaran diketahui terjadi di depo dan kilang minyak Pertamina di sejumlah tempat. Dalam tiga tahun terakhir, setidaknya ada tiga kasus kebakaran yang terjadi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 3 kasus kebakaran depo dan kilang minyak Pertamina dalam tiga tahun terakhir.

1. Kilang Minyak Unit IV Pertamina di Cilacap
Kebakaran menimpa tangki 36 T-102 di Kilang Minyak Unit IV Pertamina di Cilacap pada 16 November 2021 sekitar pukul 19.10 WIB. Tangki tersebut berisi komponen produk Pertalite sebanyak 31 ribu kiloliter. Kilang Cilacap telah dua kali mengalami kebakaran. Sebelumnya, insiden kebakaran di kilang tersebut terjadi sekitar pukul 19.45 WIB pada Jumat, 11 Juni 2021.

Baca Juga:

Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude oil yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah. Kilang Cilacap juga bernilai strategis karena memasok 44 persen kebutuhan bahan bakar minyak nasional dan 75 persen kebutuhan bahan bakar di pulau Jawa. Selain itu, kilang ini merupakan satu-satunya kilang di Tanah Air yang memproduksi aspal dan base oil.

2. Kilang Minyak RU VI di Balongan, Indramayu

Kebakaran menimpa kilang Minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu pada Senin, 29 Maret 2021 pukul 01.15. Kebakaran tersebut disebabkan kebocoran gas yang sudah terjadi sekitar pukul 23.00 WIB. Kejadian tersebut membuat kilang minyak mengakibatkan 3 unit Tank Product Premium terbakar. Akhibat kebakaran ini, 1 korban meninggal dunia serta 14 orang luka ringan, dan 5 orang lainnya mengalami luka berat.

3. Depo Pertamina Plumpang
Kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi pada Jumat malam, 3 Maret 2022, pukul 20.11 WIB. Api dari pipa bensin di kompleks tersebut menyebar hingga menyebabkan rumah-rumah warga di sekitar ikut dilahap si jago merah.

Hingga pukul 00.30 WIB, Sabtu, 4 Maret 2023, jumlah korban jiwa sudah mencapai 17 orang, yang terdiri dari 15 dewasa dan 2 anak-anak. Sebanyak 17 korban jiwa kini berada di tempat yang berbeda. Delapan korban di RSUD Tugu Koja dan dua di RSUPN Cipto Mangunkusumo. Tujuh korban yang sempat ditempatkan di Koramil, telah dibawa ke RS Polri Kramat Jati pukul 00.06 WIB.

Sementara jumlah korban luka akibat kebakaran di Depo Pertamina Plumpang tersebut mencapai 50 orang, yang terdiri dari 49 dewasa dan 1 anak-anak. Para korban kini berada di berbagai lokasi seperti RS Mulyasari, RS Tugu, hingga RS Pelabuhan. 

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.

Bisnis Terkini: Wacana Pencopotan Direksi Pertamina, Jokowi Perintahkan Erick Thohir Relokasi Depo Plumpang atau Permukiman Warga

12 menit lalu

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati menjadi sorotan setelah kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Jokowi perintahkan Erick Thohir relokasi depo.

Depo Pertamina Plumpang Bahaya Dekat Pemukiman, Jokowi: Digeser ke Reklamasi atau Warga Direlokasi

14 menit lalu

Jokowi telah memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mencari solusi usai kejadian kebakaran di Depo Pertamina Plumpang

Kapolri: Tim Investigasi Akan Dalami Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

29 menit lalu

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan tim investigasi akan mencari penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Jokowi Soal Buffer Zone Depo Pertamina: Dulu Direncanakan, Belum Sampai Solusi

33 menit lalu

Jokowi mengakui usulan pembuatan buffer zone sudah pernah dibahas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di era kepemimpinannya di DKI Jakarta pada 2012-2014.

Jokowi Akui Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Dibahas saat Jadi Gubernur DKI

49 menit lalu

Jokowi tidak membantah bila rencana pembuatan buffer zone di Depo Pertamina Plumpang juga disiapkan di era pemerintah DKI 2012-2014

Jokowi Perintahkan Erick Thohir Relokasi Depo Pertamina Plumpang atau Memindahkan Pemukiman

49 menit lalu

Presiden Jokowi memerintahkan Erick Thohir dan Heru Budi Hartono segera mengambil keputusan terkait terkait kasus kebakaran Depo Pertamina Plumpang

TNI AL Siapkan KRI Banda Aceh untuk Evakuasi Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

59 menit lalu

TNI AL ikut berperan dalam aksi cepat tanggap darurat pascabencana kebakaran Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara

Warga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Minta Polisi Gelar Patroli Keamanan

1 jam lalu

Warga yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang akan memeriksa setiap orang yang keluar-masuk permukiman mereka.

Usut Sumber Api di Kebakaran Depo Pertamina, Kapolri: Pembuktiannya dengan Scientific Crime Investigation

1 jam lalu

Kapolri memastikan tim investigasi gabungan dari Polri dan pihak terkait akan mendalami penyebab terjadinya kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Polisi Akan Gunakan Alat Berat Cari Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

1 jam lalu

Polisi akan menggunakan alat berat untuk mencari korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang tertimbun reruntuhan bangunan rumah.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek