Pilihan

Ditanya Relokasi Warga Plumpang, Pj Heru dan Erick Thohir Saling Lempar - beritasatu

 

Ditanya Relokasi Warga Plumpang, Pj Heru dan Erick Thohir Saling Lempar

Senin, 6 Maret 2023 | 11:11 WIB
Oleh : Thomas Rizal / RZL

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, saat meninjau posko pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Minggu, 5 Maret 2023.
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, saat meninjau posko pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Minggu, 5 Maret 2023. (Foto: Antara/Kementerian BUMN)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mencari solusi agar kebakaran Depo Pertamina Plumpang tidak terulang.

Jokowi menegaskan bahwa zona merah di area Depo Pertamina Plumpang tidak bisa dihuni masyarakat.

"Saya sudah perintahkan Menteri BUMN dan Gubernur DKI segera mencari solusi dari kejadian di Plumpang, terutama karena ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpang-nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi," kata Presiden Jokowi, usai meninjau salah satu posko korban kebakaran di RPTRA Rasela Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

"Ini akan segera diputuskan sehari dua hari ini oleh Pertamina, Gubernur DKI sehingga solusinya menjadi jelas," katanya.

Terkait instruksi Jokowi itu, PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi mengatakan keputusan terkait relokasi akan dirapatkan oleh Kementerian BUMN secara internal.

"Pemprov DKI Jakarta ikut kebijakan Pemerintah Pusat (terkait relokasi warga Tanah Merah atau relokasi Depo Pertamina Plumpang)," ungkap Heru Budi kepada wartawan sesuai lakukan acara penerimaan hasil panen bawang merah dan cabe rawit di Gerbang Blok H, Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023).

Sementara Menteri BUMN, Erick Thohir justru mengatakan keputusan relokasi, apakah warga Tanah Merah atau Depo Pertamina Plumpang, berada di tangan Pj Gubernur DKI.

"Kami memang sudah membahasnya pada rapat tadi atas perintah Pak Presiden. Untuk hasilnya bisa ditanyakan kepada Pak Heru ya," jawabnya singkat kepada Beritasatu.com di GBK Arena Senayan, Jakarta Minggu (5/3/2023).

Untuk diketahui, kebakaran Depo Pertamina Plumpang juga sempat terjadi pada 18 Januari 2009 silam. Saat itu, satu orang petugas keamanan meninggal, dan kerugian yang dialami Pertamina sekitar Rp 17 miliar.

Sementara pada kebakaran terakhir yang terjadi pada Jumat (3/3/2023) malam, banyak rumah terbakar dan puluhan warga yang mengalami luka-luka, dengan penyebab pasti kebakaran masih diselidiki oleh kepolisian.

Data terakhir di Koramil 01 Koja mencatat sebanyak 19 orang korban jiwa meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek