Longsor Besar di Natuna, 10 Tewas dan Puluhan Orang Dilaporkan Hilang - CNN Indonesia

 

Longsor Besar di Natuna, 10 Tewas dan Puluhan Orang Dilaporkan Hilang

CNN Indonesia
3-3 minutes
Senin, 06 Mar 2023 17:36 WIB

Puluhan orang dilaporkan hilang akibat longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin (6/3).

Longsor di Kapung Molon, Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepri, Senin (6/3). (ANTARA/HO-BPBD Natuna)

Jakarta, CNN Indonesia --

Puluhan orang dilaporkan hilang akibat longsor di Desa Pangkalan, Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) pada Senin (6/3).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Raja Darmika mengatakan data sementara sebanyak 10 orang tewas akibat peristiwa ini.

"Diperkirakan korban bertambah, data sementara 10 tewas," ujar Darmika saat dihubungi CNNIndonesia.com.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara laporan Antara menyebut ada puluhan warga dilaporkan hilang.

Tim SAR gabungan saat ini masih dalam perjalanan dari Pelabuhan Penagi menuju Pelabuhan Perintis Serasan, sementara petugas komunikasi masih berupaya membangun koordinasi guna mendapatkan informasi dampak longsor yang terjadi.

Adapun data cuaca di Natuna saat ini hujan ringan, ketinggian gelombang 2,50 - 4 meter, kecepatan angin 06 - 20 Knot, arah angin Utara - Timur dan jarak pandang 2 km. Unsur yang diturunkan Kansar Natuna 24 orang, Kodim 0138/Natuna 12 orang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna Abdul Rahman mengatakan Alut Sasikirana 245 dan RIB 03 Natuna juga diberangkatkan untuk mendukung Operasi Bencana Tanah Longsor. Sejumlah alat ekstrikasi, penerangan, hingga alat keselamatan lainnya juga disertakan.

"Kita telah memberangkatkan sejumlah personel untuk mendukung pencarian dan pertolongan serta evakuasi di Serasan, Natuna. Semoga semua dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya dikutip Antara.

Saat ini di Pulau Serasan tidak tersedia sinyal dan listrik, dari pusat Ibu Kota Kabupaten Natuna, Ranai bisa ditempuh menggunakan kapal cepat sekitar 5 jam.

Pulau Serasan terdapat dua kecamatan, yaitu Kecamatan Serasan dan Serasan Timur, berbatasan langsung dengan Malaysia Timur, Kuching, Sawarawak.

(tim/isn)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Gunung Sesean Longsor, 6 Rumah Warga Tertimbun

Baca Juga

Komentar