Pilihan

Mengenal Merplugh, Tradisi Angkatan Laut dan Penghormatan terhadap Kapal Perang - Beritasatu

 

Mengenal Merplugh, Tradisi Angkatan Laut dan Penghormatan terhadap Kapal Perang

Kurnia Illahi
Mengenal Merplugh, Tradisi Angkatan Laut dan Penghormatan terhadap Kapal Perang
Prajurit Lantamal XIII Tarakan melaksanakan merplugh kapal perang di dermaga TNI AL Mamburungan, Mako Lantamal XIII Kota Tarakan, Kalimantan Utara. (Foto: Dok. TNI AL).

TARAKAN, iNews.id - Prajurit Lantamal XIII Tarakan dipimpin Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir David Candra Viasko melaksanakan merplugh Kapal Perang TNI Angkatan Laut (AL). Kegiatan itu dilaksanakan di dermaga TNI AL Mamburungan, Mako Lantamal XIII Jalan Sei Ngingitan, Mamburungan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Sabtu (25/2/2023).

Dikutip dari laman TNI, kegiatan merplug merupakan salah satu dari tugas pokok dan fungsi Lantamal XIII Tarakan terhadap salah satu kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang datang ke dermaga atau pelabuhan yang sedang menjalankan tugas patroli keamanan laut.

Baca Juga

Merplug merupakan, istilah TNI AL yang artinya kegiatan untuk menerima ataupun melepas kapal perang di dermaga dalam rangka melaksanakan tugas operasinya. Kegiatan ini merupakan tradisi Angkatan Laut di seluruh dunia dan merupakan penghormatan bagi KRI.

Baca Juga

Kapal perang TNI AL, KRI Multatuli – 561 yang sandar di Dermaga TNI AL Mamburungan merupakan Unsur KRI Koarmada II tengah melaksakan operasi keamanan laut di bawah Komando Gugus Keamanan Laut (Guskamala) Koarmada II Surabaya.

Kegiatan tersebut dalam rangka melakukan bekal ulang logistik dan beberapa pengecekan kapal sebelum melanjutkan tugas operasi.

Dalam kegiatan tersebut Lantamal XIII Sebagai pangkalan berfungsi sebagai 5R, yaitu rebased, refuelling, replenishment, repair, rest, dan recreation bagi unsur-unsur TNI AL lainnya dalam SSAT dalam dukungan terhadap Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang terdiri dari unsur KRI, Marinir, pesawat udara dan pangkalan.

Editor : Kurnia Illahi

Follow Berita iNewsKalteng di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek