Pilihan

MUI Tegas Tolak Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U20, Bagaimana Sebetulnya Hubungan Diplomatik Indonesia dan Israel? - suara

 

MUI Tegas Tolak Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U20, Bagaimana Sebetulnya Hubungan Diplomatik Indonesia dan Israel?

Hagi Lukasyah
MUI Tegas Tolak Kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U20, Bagaimana Sebetulnya Hubungan Diplomatik Indonesia dan Israel?
Polemik timnas Israel atas keikutsertaan di Piala Dunia U20. Bagaimana hubungan diplomatik Indonesia dan Israel? (Instagram @galeri.sepakbola.indonesia)

SuaraCianjur.id - Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan turnamen Piala Dunia U20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Acara olahraga ini akan melibatkan 20 tim dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk timnas Israel.

Namun, keikutsertaan timnas Israel dalam ajang ini menuai kontroversi dan polemik di Indonesia. Beberapa pihak, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), menentang kehadiran timnas Israel karena berbagai alasan, seperti dukungannya terhadap tindakan Israel terhadap rakyat Palestina.

"Sikap tegas tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel ini harus dipertahankan dan dijaga dengan sepenuh hati selama Israel masih terus menjajah bangsa Palestina," ujar Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim dalam keterangannya. Rabu (8/3/2023).

Meski mendapat banyak polemik, lantas bagaimana sebenarnya hubungan diplomatic antara Indonesia dengan Israel?

Akhir tahun 2022, sempat ada isu bahwa Indonesia sedang dalam proses penjajakan hubungan dengan Israel. Hal ini sebagaimana yang ditulis oleh The Jarusalem Post. 

"Laporan kehadiran diplomatik dua negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia di Israel datang di tengah pemanasan hubungan baru-baru ini antara Israel dan Indonesia," demikian tulis Jerusalem Post, Selasa, (20/9/2022). 

Laporan ini mengindikasikan bahwa Indonesia dan Israel akan memulai hubungan diplomatik. 

Namun, kabar ini langsung dibantah oleh Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri Bagus Hendraning Kobarsyih. Dirinya menegaskan bahwa Indonesia tidak ada hubungan diplomatik dengan Israel.

"Selama Palestina berada dalam penjajahan Israel selama itu pula Indonesia tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel," ujar Bagus. (*)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek