Pilihan

Nasib Bocah 9 Tahun Gagal Selamatkan Diri dari Kebakaran Depo Plumpang - Beritasatu

 

Nasib Bocah 9 Tahun Gagal Selamatkan Diri dari Kebakaran Depo Plumpang

Sabtu, 11 Maret 2023 | 10:35 WIB
Oleh: Taufik Hidayat / DAS

Tangis pilu pecah saat jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang bernama Iqbal (9) tiba di rumah duka, Jalan Kampung Mangga Gang Rasa, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Kamis, 9 Maret 2023.
Tangis pilu pecah saat jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang bernama Iqbal (9) tiba di rumah duka, Jalan Kampung Mangga Gang Rasa, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Kamis, 9 Maret 2023. (Foto: Tangkapan Layar/Beritasatu.com)

Jakarta, Beritasatu.com - Tangis pilu pecah saat jenazah korban kebakaran Depo Plumpang bernama Iqbal (9) tiba di rumah duka, di Jalan Kampung Mangga Gang Rasa, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Kamis (9/3/2023).

Advertisement

Pada musibah kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang terjadi sepekan lalu, tepatnya Jumat (3/3/2023) malam, Iqbal berusaha menyelamatkan diri bersama tante dan nenek menggunakan motor. Namun ia terjatuh.

Seperti diberitakan, kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara ini menewaskan paling kurang 19 orang. Iqbal yang berumur sembilan tahun adalah salah satunya.

Nasib Bocah 9 Tahun Gagal Selamatkan Diri dari Kebakaran Depo Plumpang
Jenazah Iqbal (9) tiba di rumah duka.


Tante korban, Yanti menceritakan detik-detik bagaimana Iqbal dan kerabat berusaha menyelamatkan diri ketika “gas” muncul di permukiman padat penduduk. Warga di lokasi kebakaran menyebut bahwa sebelum musibah tercium bau bensin. Inilah yang oleh Yanti disebut gas.

Advertisement

Menurut Yanti, Iqbal bersama neneknya yang juga adalah ibunda Yanti, Toinah (63), dan tantenya Iis Ernawati (28), beserta tiga sepupunya, Khanza (3,5), Ilhsan (3), dan Ilyas (4) berusaha menjauh dari tembok pembatas tepi Depo Pertamina.

Mereka menyelamatkan diri menggunakan sepeda motor. Namun nahas bagi Iqbal. Ia terjatuh dan tertinggal. Bisa dibayangkan bagaimana cepatnya sambaran api. Ketika Iqbal tercecer, ternyata lima anggota keluarga lainnya yang berhasil menjauh pun tetap juga tersambar si jago merah.

Kelimanya adalah korban luka-luka yang langsung dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta Selatan. Sementara Iqbal waktu itu hilang.

Iis Ernawati, sang bibi, belakangan masuk dalam daftar korban tewas akibat luka bakar parah yang dideritanya. Muhammad Ilyas yang berusia empat tahun pun akhirnya menyusul, Selasa siang (7/3/2023).

Nasib Bocah 9 Tahun Gagal Selamatkan Diri dari Kebakaran Depo Plumpang
Keluarga di peti jenazah Iqbal (9).


“Yang kritis itu yang balita, Ilhsan sama Khanza, karna kalau Ilhsan itu 90 persen luka bakarnya, semuanya di RSPP di ruangan ICU,” kata Yanti.

Sementara jenazah Iqbal yang terjatuh sehingga tertingal, sempat tak dikenali. Yanti dan keluarga sempat mencari-cari.

“Awalnya kan saya sudah mencari-cari ya. Kemarin sore dapat kabar dari Polri kalau tes DNA ibunya itu emang cocok dengan jenazah yang ada di Polri, ternyata itu Iqbal,” ujar Yanti, Kamis (9/3/2023).

Sebelum musibah kebakaran, Iqbal disebut Yanti pulang dari mengaji. “Habis pulang ngaji bersama sepupunya, Ilyas, dijemput sama tantenya Iis (ibunda Ilyas),” katanya.

Yanti terisak mengenang Iqbal. “Iqbal itu ya memang kadang ngeselin juga, tapi dia yang ngebantuin abahnya yang strok. Selama ini dia bantuin abahnya kalau buang air kecil, atau apa gitu,” kata Yanti.

Jenazah Iqbal dimakamkan di kampung halaman ibunya di kawasan Ciomas, Bogor, Jawa Barat.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek