Penasaran? Ini yang Didapatkan para Pemenang Piala Oscar - Beritasatu

 

Penasaran? Ini yang Didapatkan para Pemenang Piala Oscar

Minggu, 12 Maret 2023 | 05:25 WIB
Oleh : Surya Lesmana / LES
Troy Kotsur.
Troy Kotsur.

Los Angeles, Beritasatu.com- Ajang Piala Oscar 2023 (Academy Awards) telah menjadi salah satu acara penghargaan paling bergengsi di dunia. Dampak media dari ajang Piala Oscar ini sangat besar dan meskipun jumlahnya tampaknya menurun dari tahun ke tahun, ajang ini masih sangat penting bagi industri film .

Sedemikian rupa sehingga memenangkan penghargaan semacam ini juga disertai dengan semacam remunerasi finansial.

Advertisement

Memang, jumlah uang yang didapat pemenang Piala Oscar untuk aktor dan aktris, sutradara, dll. untuk memenangkan penghargaan adalah nol dolar AS.

Tidak ada keuntungan finansial langsung yang terkait dengan penghargaan tersebut, sehingga para pemenang 'hanya' mendapatkan pengakuan dan prestise terkait dengan hadiah tersebut.

Namun, bukan berarti mereka pergi dengan tangan kosong... Di luar Piala Oscar itu sendiri.

Melalui studi yang dilakukan oleh IBISworld beberapa waktu lalu, diperkirakan gaji rata-rata peraih Piala Oscar dipastikan naik hingga 20% setelah menerima penghargaan, sehingga meski tidak menerima apa-apa secara langsung, hal itu memang menambah penghasilan mereka.

Ini logis jika kita memperhitungkan prestise yang terkait dengan Piala Oscar, meski jumlahnya tidak pasti; memenangkan satu tidak sama dengan memenangkan beberapa, menjadi yang pertama atau kedua, dll. Ada banyak variabel.

Selain itu, sebuah studi oleh Universitas Colgate menunjukkan bahwa aktor pria lebih dihargai daripada aktor wanita.

Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan gaji untuk aktor pria menghasilkan perbedaan sebesar 3,6 juta euro (sekitar Rp 54 miliar), sedangkan untuk aktris sebesar 500.000 euro (sekitar Rp 8,2 miliar).

Selain itu, banyak pemenang Piala Oscar sering mengambil berbagai hadiah dari berbagai merek yang terkait dengan penghargaan tersebut, meskipun sulit untuk menentukan nilai barang-barang tersebut, karena mungkin berbeda tergantung pada penghargaan, aktor atau aktrisnya, merek itu sendiri, dan lain-lain.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar