Presiden: Cari Solusi Secepatnya Keamanan Warga Sekitar Depo Pertamina - Beritasatu

 

Presiden: Cari Solusi Secepatnya Keamanan Warga Sekitar Depo Pertamina

Minggu, 5 Maret 2023 | 10:22 WIB
Oleh: Dwi Argo Santosa / DAS

Joko Widodo.
Joko Widodo. (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Jokowi memerintah Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk secapatnya mencari solusi persoalan permukiman padat warga Tanah Merah di dekat Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara.

Advertisement

Sedikitnya 18 warga di permukiman padat yang berdempetan dengan Depo Perrtamina Plumpang, tewas, ketika terjadi musibah kebakaran pada Jumat (3/3/2023) malam.

Perintah Jokowi tersebut diungkapkannya saat mengunjungi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

Presiden mengecek pemenuhan kebutuhan para korban terdampak di tenda pengungsi yang berada di lokasi Palang Merah Indonesia (PMI) Plumpang.

Advertisement

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri BUMN Erick Thohir, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono serta Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. Presiden melihat langsung kondisi pengungsi dan lokasi kebakaran.

Pada kesmepatan sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin bersama dengan PT Pertamina (Persero) menyerahkan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk warga terdampak kejadian di Terminal BBM Plumpang, Jakarta, Sabtu (4/3/2023). Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Lurah Rawa Badak Selatan, Suhaena.

Bantuan tersebut kemudian akan disalurkan oleh Pertamina dalam bentuk logistik, obat-obatan, perlengkapan tidur, makanan siap saji dan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Sedangkan sesaat setelah kebakaran, Menteri BUMN Erick Thohir meminta PT Pertamina (Persero) bertindak cepat dalam mengatasi musibah. Jumat (3/3/2023) malam itu.

Erick Thohir juga meminta Pertamina mengusut tuntas peristiwa itu dan berkoordinasi secara intensif dengan kepolisian dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan tindakan tanggap darurat di sekitar lokasi kejadian.

Ratusan warga panik berhamburan menjauh dari api yang membakar perkampungan padat di kawasan depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Kebakaran itu diserta ledakan. Diduga karena pipa atau tabung bahan bakar yang meledak.

Kebakaran hebat tersebut terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara sekitar pukul 20.11 WIB. Sebanyak 53 armada mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api. Sekitar empat jam kemudian api padam namun upaya pendinginan terus dilakukan hingga subuh.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar