Pilihan

Satgas Damai Cartenz Buru KKB yang Tembak Pesawat Trigana Air di Bandara Dekai - inews

 

Satgas Damai Cartenz Buru KKB yang Tembak Pesawat Trigana Air di Bandara Dekai

Satgas Damai Cartenz Buru KKB yang Tembak Pesawat Trigana Air di Bandara Dekai
Kepala Satgas Damai Cartenz, Kombes Pol Faisal Ramdani. (Foto: Fredy Nuboba/iNews)

JAYAPURA, iNews.id - Satgas Damai Cartenz mengerahkan personel ke Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Pengerahan personel dilakukan untuk membantu penyidikan dan pengejaran KKB yang diduga menembak pesawat Trigana Air di Bandara Nop Goliat, Dekai, Sabtu (11/3/2023) lalu.

Kepala Satgas Damai Cartenz, Kombes Pol Faizal Ramadhani, mengatakan para personel itu berasal dari pos Wamena.

Baca Juga

“Kami telah mengirimkan personel Ops Damai Cartenz, satgas penegakan hukum (gakum) yang sebelumnya berada di Wamena, digeser ke Kabupaten Yahukimo,” Kata Faizal, dikutip dari portal Polri, Selasa (14/3/2023).

Dia memastikan, saat ini situasi keamanan di Yahukimo relatif aman. Kendati demikian, dia masih memerintahkan jajarannya untuk patroli demi memastikan keamanan masyarakat.

Baca Juga

Sebelumnya, polisi mengamankan tujuh orang yang diduga terlibat dalam insiden penembakan pesawat Trigana Air di Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, pada Sabtu (11/3/2023) lalu. Sebanyak enam orang dipulangkan lantaran dinyatakan tak terlibat peristiwa itu.

Sementara, satu orang berinisial EG (23) masih ditahan. Dia diketahui tergabung dalam kelompok kriminal bersenjata (KKB) Kodap XVI pimpinan Kopi Tua Heluka.

Baca Juga

"Untuk satu orang yang masih ditahan, diketahui keterlibatannya dalam Kelompok Kriminal Bersenjata yakni EG (23) yang tergabung dalam KKB Kodap XVI pimpinan Kopi Tua Heluka Batalion Yamue,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Senin (13/3/2023).

Dia menyatakan, EG saat ini masih diperiksa untuk mengungkap pihak-pihak yang menjadi dalang penembakan pesawat Trigana Air kode penerbangan PK-YSC tersebut.

Baca Juga

Diketahui, pesawat Boeing 737-500 dengan kode penerbangan PK-YSC membawa 66 penumpang dari Dekai ditembak saat lepas landas di Dekai. Badan pesawat itu bolong diduga akibat tertembus peluru yang dilesakkan.

Editor : Rizky Agustian

Follow Berita iNewsPapua di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek