Pilihan

Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang Milik Suku Dayak - inews

 

Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang Milik Suku Dayak

Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang Milik Suku Dayak
Senjata tradisional Mandau bisa terbang (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Senjata tradisional Mandau bisa terbang yang dimiliki suku Dayak konon disertai dengan ilmu kanuragan. Mandau juga menjadi salah satu senjata yang ditakuti musuh.
 
Mandau merupakan senjata tradisional suku Dayak di Kalimantan. Di masa lalu mayoritas penduduk asli yang tinggal di pulau Kalimantan yakni suku Dayak yang menganut animisme. 

Tradisi kuno mereka yang paling terkenal yaitu tentang teknik perburuan, yang mana Dayak memiliki teknik yang menargetkan kepala maka dari itu suku Dayak menggunakan Mandau ketika berburu. Lalu muncul pertanyaan apakah benar senjata tradisional ini bisa terbang? Simak informasi berikut.

Baca Juga

Senjata Tradisional Mandau Bisa Terbang 

Senjata tradisional asal Kalimantan ini mempunyai alasan logis dalam kultur perburuan. Ketika ingin menargetkan bagian kepala hewan buruan maka Mandau harus dilempar. Sehingga, secara hiperbolis disebut terbang sampai mengenai kepala hewan buruan. 

Ternyata, selain digunakan untuk perburuan senjata tradisional Mandau ini juga digunakan leluhur saat berperang membantai musuh. Nah, di sini terjadi perbedaan karena bukan senjatanya yang terbang melainkan pengguna Mandau yang mempunyai ilmu hingga tidak terlihat oleh musuh. 

Baca Juga

Senjata Mandau terbang ini terbagi menjadi dua jenis yaitu:

- Pengguna Mandau terbang mempunyai ilmu supaya tidak terlihat
- Mandau terbang digunakan oleh jin sahabat pemilik Mandau

Mandau yang menggunakan kekuatan jin ini tingkatan yang lebih tinggi, yang mana untuk memperoleh ilmu tersebut harus melakukan ritual bertapa. Tapi, ilmu ini ternyata juga bisa langsung diturunkan oleh leluhur. 

Baca Juga

Mandau terbang hanya bisa digunakan khusus oleh suku Dayak dan senjata ini merupakan senjata yang mematikan, menggunakannya pun hanya saat keadaan terdesak dan tidak bisa digunakan untuk pamer. 

Senjata tradisional Mandau terbang ini belum diketahui secara pasti kapan diciptakan pertama kali. Namun, diperkirakan ilmu mematikan menggunakan Mandau ini muncul setelah adanya ajaran Katolik masuk. Dan kini, bagi masyarakat suku Dayak Bahau masih melakukan ritual dalam merawat Mandau terbang seperti dalam pembersihannya menggunakan darah ayam. babi, kambing atau kerbau.

Baca Juga

Itu sekilas soal senjata tradisional Mandau bisa terbang. Kamu sudah melihat sejata ini secara langsung?

Editor : Nani Suherni

Follow Berita iNewsKalsel di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek