Pilihan

Soal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Polri Sudah Periksa 24 Saksi - Tempo

 

Soal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Polri Sudah Periksa 24 Saksi

Reporter

Selasa, 7 Maret 2023 19:38 WIB

TEMPO.COJakarta - Polri hingga saat ini telah memeriksa 24 orang saksi untuk menyelidiki penyebab kebakaran depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, yang menewaskan 18 orang.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan, mengatakan dari jumlah itu, 10 saksi diantaranya bersal dari Pertamina. 

Baca Juga:

“Jadi sampai saat ini 24 orang telah diminta keterangan sebagai saksi dengan rincian operator dan supervisor sebanyak 8 orang dan sekuriti 2 orang. Artinya, dari pihak Pertamina 10 orang,” kata Ramadhan kepada awak media, Selasa, 7 Maret 2023.

Adapun 14 orang saksi lain berasal dari masyarakat yang tinggal di permukiman sekitar depo penyimpanan Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut. 

Penyebab pasti kebakaran belum diketahui

Peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang terjadi pada Jumat, 3 Maret 2023, sekira pukul 20.00. Banyak rumah terbakar dan puluhan warga yang mengalami luka-luka. Hingga saat ini polisi masih belum bisa memastikan penyebab pasti kebakaran tersebut. 

Baca Juga:

Sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat menyatakan dugaan penyebab terjadinya kebakaran itu. Menurut dia, sebelum kebakaran, Depo Pertamina Plumpang sedang menerima pasokan BBM jenis Pertamax dari Kilang Balongan, Jawa Barat. 

Saat penerimaan Pertamax itu diduga terjadi gangguan teknis yang mengakibatkan kebakaran. Meskipun demikian, Kapolri menyatakan bahwa hal itu masih harus didalami secara lebih lanjut. 

5 jenazah kembali berhasil diidentifikasi

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, hingga pukul 18.00 WIB Senin (6/3), korban meninggal sebanyak 18 jiwa. Sedangkan, 39 jiwa sedang dalam penanganan tim medis di sembilan rumah sakit di Jakarta.

Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, telah berhasil mengidentifikasi 8 jenazah korban kebakaran tersebut hingga hari ini, Selasa, 7 Maret 2023. Lima jenazah yang berhasil diidentifikasi pada hari atas nama Sumiyati (71 tahun), Raffasya Zayid Athallah (4 tahun), Thris Rhea Aprilita (12 tahun), Suheri (32 tahun), dan Hadi (32 tahun).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI  Jakarta hingga Senin kemarin, 6 Maret 2023, menyebutkan 204 jiwa pengungsi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang masih bertahan di dua lokasi pengungsian Jakarta Utara.

EKA YUDHA SAPUTRA | SUNU DYANTORO | M FAIZ ZAKI

Menteri ATR Kepala BPN Jelaskan Soal Kepemilikan Lahan di Sekitar Depo Pertamina Plumpang

3 jam lalu

Menteri ATR Kepala BPN menjelaskan soal status kepemilikan lahan di sekitar Depo Pertamina Plumpang yang alami kebakaran hebat Jumat lalu.

Polisi Minta Keterangan 14 Warga Soal Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

5 jam lalu

Polisi telah meminta keterangan 24 orang saksi untuk mengusut kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Termasuk 10 orang petugas dari Pertamina.

Satu Bagian Tubuh Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Belum Bisa Diidentifikasi

5 jam lalu

Terdapat satu bagian tubuh korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang ikut dibawa ke RS Polri hingga kini belum berhasil diidentifikasi.

7 Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Sulit Diidentifikasi Karena Terbakar Sempurna

5 jam lalu

Tujuh jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang belum bisa diidentifikasi karena kondisi yang terbakar sempurna.

5 Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang di RS Polri Teridentifikasi

6 jam lalu

Sebanyak 5 jenazah korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang telah teridentifikasi hari ini. Keluarga sudah bisa mengambil di RS Polri.

5 Lagi Jenazah Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Teridentifikasi, Jadi 8

10 jam lalu

Rumah Sakit Polri Kramat Jati telah mengidentifikasi lagi lima korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Anies Baswedan Kasih IMB di Tanah Merah hingga 2024, Heru Budi Hartono: 2023 Aja Belum Selesai

12 jam lalu

Heru Budi Hartono berkomentar pendek soal IMB sementara kawasan Kampung Tanah Merah ala Anies Baswedan.

Kasus Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: Lebih Detail Apa itu Buffer Zone

13 jam lalu

Pasca kebakaran Depo Pertamina Plumpang menguat soai zona penyangga atau buffer zone merupakan sebuah kawasan yang termasuk dalam ruang terbuka hijau.

Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Akan Ditempatkan di Rumah Kontrakan 3 Tahun

13 jam lalu

Pemerintah memfasilitasi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Rukun Warga Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara dengan rumah kontrakan.

PDIP, PSI & PKS Ribut IMB Anies Baswedan usai Kebakaran Plumpang, DKI: buat Layanan Dasar

14 jam lalu

DKI Jakarta menyebutkan pemberian IMB di wilayah permukiman Kampung Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara untuk memenuhi layanan dasar.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek