Tentara Bayaran Rusia Klaim Kuasai 70% Wilayah Bakhmut Ukraina - detik

 

Tentara Bayaran Rusia Klaim Kuasai 70% Wilayah Bakhmut Ukraina

Matius Alfons Hutajulu - detikNews
Senin, 20 Mar 2023 23:49 WIB
Pasukan Rusia meningkatkan serangan ke Kota Bakhmut, Donetsk, Ukraina. Begini penampakan kota tersebut usai diserang Rusia.
Foto: Kota Bakhmut dibombardir (AP Photo/Libkos)
Bakhmut -

Kepala Kelompok Tentara Bayaran Wagner Rusia Yevgeny Prigozhin mengklaim telah menguasai lebih dari setengah Kota Bakhut di Ukraina timur. Kelompok tentara bayaran tersebut memang dikerahkan untuk maksud membebaskan kota tersebut dari Ukraina.

Seperti dilansir AFP, Senin (20/3/2023), Yevgeny Prigozhin mengklaim telah menguasai 70 persen Kota Bakhmut. Dia menyampaikan ke Pemerintah Rusia bahwa pihaknya akan tetap melanjutkan proses pembebasan kota itu.

"Saat ini, unit Wagner menguasai sekitar 70 persen kota Bakhmut dan melanjutkan operasi untuk menyelesaikan pembebasan kota tersebut," kata Yevgeny Prigozhin dalam surat terbuka kepada Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam surat yang diterbitkan di media sosial, Prigozhin mengimbau Shoigu untuk menyediakan unit Wagner dengan peralatan yang diperlukan untuk menolak serangan balasan Ukraina. Serangan itu, kata dia, akan dilakukan pada akhir Maret atau April.

Pasukan Rusia dan Ukraina telah banyak berinvestasi dalam pertempuran untuk Bakhmut, meskipun analis mengatakan kota itu memiliki nilai strategis yang kecil.

Ukraina mengatakan pertempuran untuk kota industri adalah kunci untuk menahan pasukan Rusia di sepanjang front timur.




(maa/maa)

Baca Juga

Komentar