Pilihan

5 Cara Menghilangkan Flu dengan Cepat, Tidak Perlu Minum Obat! - Beritasatu

 

5 Cara Menghilangkan Flu dengan Cepat, Tidak Perlu Minum Obat!

Rabu, 26 April 2023 | 11:25 WIB
Kintan Lestari / KL
Ilustrasi wanita sedang tidur yang merupakan salah satu cara menghilangkan flu dengan cepat.
Ilustrasi wanita sedang tidur yang merupakan salah satu cara menghilangkan flu dengan cepat. (Pexels)

Jakarta, Beritasatu.com - Seseorang yang flu tentu merasa tidak nyaman dan aktivitasnya jadi terganggu. Tidak perlu khawatir, ikuti lima cara menghilangkan flu dengan cepat di bawah ini.

Influenza, atau yang sering disebut flu, adalah penyakit menular pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza. Virus ini dapat menginfeksi hidung, tenggorokan, dan terkadang paru-paru.

Oleh sebab itu, gejala flu bisa sifatnya ringan sampai berat yang dapat menyebabkan kematian. Adapun beberapa gejala flu di antaranya tubuh menggigil, demam, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, cepat lelah, hidung meler atau tersumbat, dan yang terparah bisa sampai muntah-muntah.

Melansir situs CDC, kebanyakan ahli percaya bahwa virus flu menyebar terutama melalui droplet (tetesan kecil) yang dibuat saat penderita flu batuk, bersin, atau berbicara. Tetesan ini bisa jadi mendarat di mulut atau hidung orang yang berada di dekatnya.

Advertisement

Penularan flu juga bisa terjadi karena seseorang menyentuh permukaan atau benda yang terdapat virus flu di atasnya, dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata. Hanya saja kasus semacam itu jarang terjadi.

Ketika flu, yang paling menyebalkan adalah ketika hidung meler atau tersumbat. Pasti mau beraktivitas bagaimana pun rasanya tidak nyaman. Apalagi bila flunya disertai sakit kepala.

Umumnya untuk mengatasi flu adalah dengan minum obat. Namun obat flu biasanya punya efek kantuk, kalau sedang berkendara tentu minum obat akan menimbulkan risiko kecelakaan. Begitu pun kalau sedang deadline. Minum obat flu pasti akan membuat peminumnya jadi tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline lantaran di tengah-tengah bekerja orang itu merasakan kantuk luar biasa.

Tapi tenang, penderita flu bisa menghilangkan flu dengan cepat tanpa perlu minum obat. Bagaimana cara menghilangkan flu dengan cepat?

Berikut lima cara menghilangkan flu dengan cepat yang bisa dicoba.

1. Perbanyak Tidur
Cara menghilangkan flu yang pertama adalah dengan memperbanyak tidur. Sakit apa pun, supaya cepat sembuh ya harus banyak tidur. Begitu pun ketika sakit flu. Tidur adalah obat terbaik bagi tubuh saat melawan flu. Tiduran sambil menonton TV tidak masalah, tetapi jangan sampai begadang menonton acara TV favorit. Bukannya sehat, yang terjadi flu justru makin parah.

Tidurlah lebih awal dari jam tidur biasanya. Usahakan juga tidur siang untuk memberi tubuh lebih banyak waktu untuk pulih. Istirahat dan tidur juga mengurangi risiko komplikasi flu yang serius, seperti pneumonia.

2. Konsumsi Makanan Sehat
Cara menghilangkan flu yang kedua adalah mengonsumsi makanan sehat. Tubuh membutuhkan nutrisi yang lebih baik untuk pulih dari flu. Buah dan sayuran segar menyediakan vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting yang memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus. Ketika sakit mungkin kamu tidak punya nafsu makan yang besar, tetapi tetap penting untuk makan-makanan sehat secara teratur.

3. Banyak Minum Air Putih
Beberapa gejala flu yang umum terjadi adalah demam tinggi. Namun bisa juga muntah-muntah atau diare. Jika gejala-gejala itu terjadi, tubuh pastinya membutuhkan banyak cairan untuk mengganti cairan yang hilang sekaligus berjuang melawan infeksi.

Air putih adalah pilihan yang terbaik. Akan tetapi bisa juga sesekali minum teh herbal atau teh dengan madu. Teh tersebut memiliki efek menenangkan gejala flu sekaligus membuat tubuh tetap terhidrasi. Yang pasti ketika sakit flu, hindari minuman beralkohol dan kafein.

4. Hirup Uap Hangat
Cara menghilangkan flu selanjutnya adalah dengan menghirup uap hangat. Baiknya di air panas yang digunakan untuk menguapi, ditambahkan rempah-rempah seperti kunyit atau jahe. Uap rempah tersebut akan melegakan saluran pernapasan penderita flu sehingga gejala hidung tersumbat akan hilang.

5. Mandi Air Hangat
Cara menghilangkan flu yang terakhir ialah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat akan membantu meredakan hidung meler atau tersumbat. Mandi air hangat juga akan membantu tubuh lebih rileks sehingga bisa tidur dengan nyaman.

Demikian lima cara menghilangkan flu dengan cepat yang bisa dicoba. Semoga cepat sembuh dengan mengikuti cara-cara di atas!

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

BERITA TERKAIT

Catat! 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Setelah Lebaran

Catat! 5 Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Setelah Lebaran

LIFESTYLE
Lirik Lagu Shameless Camila Cabello Beserta Terjemahannya

Lirik Lagu Shameless Camila Cabello Beserta Terjemahannya

LIFESTYLE
Takut Kolesterol Naik Habis Lebaran? Ini Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Takut Kolesterol Naik Habis Lebaran? Ini Tips Menurunkan Kolesterol Secara Alami

LIFESTYLE
Konsumsi 10 Buah Penurun Kolesterol Ini Usai Lebaran

Konsumsi 10 Buah Penurun Kolesterol Ini Usai Lebaran

LIFESTYLE
Sama-sama Suka Menyendiri, Ini Perbedaan Introvert dan Ansos

Sama-sama Suka Menyendiri, Ini Perbedaan Introvert dan Ansos

LIFESTYLE
Apa Perbedaan Kepribadian Ekstrovert dan Introvert? Ini Penjelasannya

Apa Perbedaan Kepribadian Ekstrovert dan Introvert? Ini Penjelasannya

LIFESTYLE

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek