Antisipasi Lonjakan Konsumsi LPG dan BBM Saat Lebaran, Pertamina Siapkan Sarana hingga Tambah Agen - Tempo

 

Antisipasi Lonjakan Konsumsi LPG dan BBM Saat Lebaran, Pertamina Siapkan Sarana hingga Tambah Agen

Reporter

Minggu, 9 April 2023 11:17 WIB

TEMPO.COPalembang - PT Pertamina (Persero) memastikan bakal ada peningkatan konsumi gas LPG selama Ramadan hingga hari raya Idul Fitri nanti. Peningkatannya dibanding dengan hari-hari biasa cukup signifikan yaitu berkisar 9,7 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih, Ahad, 9 April 2023. 

Baca Juga:

Oleh sebab itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) terus memastikan kebutuhan energi masyarakat saat menghadapi arus mudik dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah untuk bisa terpenuhi. Selain gas LGP, perusaan milik pemerintah ini juga menjamin keamanan stok BBM jenis gasoline dan gasoil serta avtur. 

"Kami siagakan seluruh sarana dan fasilitas yang ada," katanya. Untuk konsumsi LPG diprediksi mengalami peningkatan sekitar 9,7 persen, serta untuk avtur mengalami peningkatan sekitar 27 persen. Proyeksi ini dibandingkan dengan rata-rata konsumsi normal di  bulan Januari sampai dengan Februari 2023. 

Dalam keterangan resminya Pertamina mengungkapkan pasokan BBM dan LPG saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Baca Juga:

Untuk memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) mulai 1 April 2023 hingga 2 Mei 2023.

Satgas Rafi 2023 ini dibentuk untuk memastikan ketahanan stok dalam keadaan aman, sehingga distribusi tidak terganggu dan masyarakat dapat melaksanakan perjalanan mudik dan berlebaran dengan nyaman dan tenang.

Selama masa Satgas RAFI, Pertamina menyiapkan insfrastruktur dan sarana serta fasilitas yang meliputi 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 675 SPBU, 62 SPBE, 482 Agen LPG, dan 6 DPPU. 

Selain infrastruktur dan sarana fasilitas utama itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU Siaga, 309 agen Siaga & 5540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 5 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 15 Unit Motorist, dan 16 Unit Mobil Tanki standby.

Ikuti berita terkini dari Tempo di Googe News, klik di sini. 

ASDP Imbau Pemudik Lebaran Tak Beli Tiket H-1 atau Go Show, Ini Sebabnya

8 menit lalu

PT ASDP Indonesia Ferry menegaskan bahwa tidak ada penjualan tiket di pelabuhan penyebrangan. Pemudik tak bisa membeli tiket Lebaran go show.

Kehabisan BBM saat Mudik Lebaran 2023, Panggil Tim Motorist Pertamina

25 menit lalu

Jika kehabisan BBM nonsubsidi saat mudik Lebaran 2023 bisa mengakses tim Motorist Pertamina dengan menelepon call center Pertamina di nomor 135.

Antisipasi Kepadatan, Kapolri Minta Pemudik Jalan Siang Hari

1 jam lalu

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghimbau kepada masyarakat yang memilih untuk mudik agar mengatur perjalanannya pada waktu siang hari. Hal itu guna mengantisipasi kepadatan supaya pemudik tidak menumpuk di jam-jam tertentu.

Mudik Lebaran dengan Sepeda Motor, Kapolda Metro Jaya: Kami Tidak Bisa Melarang

6 jam lalu

Kapolda Metro Jaya mengatakan pengaturan lalu lintas mudik Lebaran untuk pemudik motor akan diatur situasional.

Hotel GranDhika Pemuda Semarang Sambut Pemudik dengan THR

7 jam lalu

Hotel GranDhika Pemuda Semarang memberikan harga spesial Lebaran dalam tajuk "Temukangen di Hari Raya" (THR)

Alasan Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup 11 Hari Mulai 17 April

7 jam lalu

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango.

Saran Dokter Reisa buat yang akan Mudik Lebaran 2023

8 jam lalu

Dokter Reisa Broto Asmoro mengimbau untuk tidak menyepelekan waktu istirahat ketika mudik Lebaran 2023. Berikut sarannya.

Jadikan Lebaran 2023 untuk Mendulang Berkah dengan Tips Berikut

8 jam lalu

Berikut tips bagaimana bisnis dengan dukungan teknologi bisa menjadikan Lebaran 2023 atau Idul Fitri sebagai sumber berkah.

Tol Cisumdawu Beroperasi untuk Mudik Lebaran per 15 April 2023, Ridwan Kamil Paparkan Skenarionya

8 jam lalu

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, jalan tol Cisumdawu per tanggal 15 April 2023 dijadwalkan sudah bisa tembus ke jalan tol Cipali.

Cegah Kemacetan Antre SPBU, Pertamina Minta Masyarakat Isi BBM Full Sebelum Berangkat

10 jam lalu

Pertamina mengimbau masyarakat yang mudik Lebaran 2023 untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) sampa full tank atau penuh sebelum melakukan perjalanan.

Baca Juga

Komentar