Pilihan

AS Tewaskan Pemimpin Senior ISIS di Suriah, Ditembak Drone saat Menelepon - tempo

 

AS Tewaskan Pemimpin Senior ISIS di Suriah, Ditembak Drone saat Menelepon

Rabu, 5 April 2023 10:33 WIB

TEMPO.COJakarta - Militer AS mengklaim menewaskan seorang pemimpin senior Negara Islam atau IS/ISIS di Suriah, Khalid 'Aydd Ahmad al-Jabouri, dalam sebuah serangan, Senin, 3 April 2023.

Komando Pusat Amerika Serikat atau CENTCOM menyatakan, al-Jabouri bertanggung jawab atas perencanaan serangan ISIS di Eropa dan Turki dan mengembangkan struktur kepemimpinan kelompok itu di Turki.

Baca Juga:

Sumber-sumber di Suriah mengatakan, dia tewas dalam serangan pesawat tak berawak di barat laut yang dikuasai pemberontak, wilayah tempat para pemimpin ISIS lainnya bersembunyi, termasuk mantan pemimpin Abu Bakr al-Baghdadi, yang tewas dalam serangan AS pada 2019.

Tidak ada warga sipil yang tewas atau terluka dalam serangan itu, kata CENTCOM, dan menambahkan bahwa ISIS "terus menjadi ancaman bagi wilayah tersebut dan sekitarnya".

"Meski terdegradasi, kelompok itu tetap mampu melakukan operasi di kawasan dengan keinginan untuk menyerang di luar Timur Tengah," katanya. Kematian Jabouri akan "untuk sementara mengganggu kemampuan grup merencanakan serangan eksternal".

Baca Juga:

Negara Islam menguasai sepertiga Irak dan Suriah pada puncaknya pada tahun 2014. Meskipun dipukul mundur di kedua negara, militan Negara Islam terus melancarkan serangan.

Sebuah sumber intelijen regional mengatakan Jabouri telah dipantau selama beberapa bulan terakhir saat dia berpindah antara kota-kota Suriah di Hasaka, Raqqa, Jarablus dan al-Bab, dan berada di provinsi Idlib ketika dia terbunuh.

"Mereka mendapat petunjuk informan bahwa dia ada di Idlib sehingga mereka mengawasinya untuk sementara waktu dan kemudian melakukan penyerangan," kata sumber itu. Dia terbunuh saat melakukan panggilan telepon, tambah sumber itu.

Dua sumber lokal mengatakan dia diserang di dekat rumahnya di pinggiran desa Kaftin, beberapa kilometer dari tempat Baghdadi terbunuh pada 2019. Dia tinggal bersama istri dan putranya yang berusia 12 tahun.

Dia awalnya berasal dari Deir al-Zor di tenggara Suriah.

Sebuah laporan PBB yang diterbitkan pada bulan Februari mengatakan bahwa ancaman yang ditimbulkan oleh Negara Islam dan afiliasinya terhadap perdamaian dan keamanan internasional tinggi pada paruh kedua tahun 2022 dan telah meningkat di dalam dan sekitar zona konflik di mana ia hadir.

ISIS diperkirakan memiliki 5.000 hingga 7.000 anggota dan pendukung tersebar antara Suriah dan Irak, kira-kira setengah dari mereka adalah anggota pasukan bersenjata, kata laporan PBB.

Suriah barat laut dikendalikan oleh kelompok bersenjata lain yang memerangi ISIS sebelumnya dalam perang selama 12 tahun di Suriah.

Akhir tahun lalu, ISIS mengumumkan telah menunjuk sosok yang sebelumnya tidak dikenal - Abu al-Hussein al-Husseini al-Quraishi - sebagai pemimpinnya setelah pemimpin sebelumnya terbunuh.

ISIS pernah menguasai sepertiga wilayah Suriah dan Irak, melakukan kekejaman termasuk pembantaian ribuan Yazidi, dan militan ISIS melakukan berbagai serangan di luar negeri termasuk teror  yang menewaskan 130 orang di Paris pada tahun 2015.

REUTERS

Donald Trump Diadili, Begini Tanggapan Gedung Putih

5 jam lalu

Donald Trump menjadi mantan presiden Amerika Serikat pertama yang menghadapi tuntutan pidana.

Top 3 Dunia: AS Pesan Rudal JAGM, MbS Mencoba Lepas dari AS

7 jam lalu

Berita Top 3 Dunia pada Selasa 4 April 2023 diawali oleh kabar Pentagon berupaya membangun stok senjata untuk menghalangi meluasnya pengaruh China

Donald Trump Diadili, Mengaku Tak Bersalah atas 34 Tuduhan

8 jam lalu

Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump diadili atas lusinan dakwaan terkait pembayaran uang tutup mulut.

Transplantasi Jantung 54 Tahun Lalu, Saat Dokter di AS Sukses Tanamkan Jantung Artifisial Pertama

17 jam lalu

Sebelum Cooley, transplantasi jantung sejatinya telah beberapa kali coba dilakukan, namun belum sempurna.

Ketika MbS Mencoba Melepaskan Arab Saudi dari Ketergantungan pada AS

19 jam lalu

MbS banyak memodernisasi perekonomian, merangkul musuh tradisionalnya, sampai pelan-pelan melepaskan diri dari pelindung utamanya, Amerika Serikat.

Wartawan Wall Street Journal Ajukan Banding atas Penahanannya di Rusia

21 jam lalu

Wartawan Wall Street Journal asal Amerika Serikat, Evan Gershkovich, mengajukan banding atas penahannya di Rusia

Donald Trump Tersandung Skandal, Bisakah Tetap Maju Sebagai Capres AS?

23 jam lalu

Donald Trump sedang terjerat skandal suap bintang porno Stormy Daniels. Apakah kasusnya bakal mengakhiri pencalonan sebagai presiden AS?

Ikuti AS, Australia Larang TikTok Digunakan di Perangkat Pemerintah

23 jam lalu

Australia melarang TikTok digunakan di perangkat milik pemerintah federal karena masalah keamanan

Guru Korban Penembakan Bocah 6 Tahun di AS Gugat Sekolah Rp 596 Miliar

1 hari lalu

Guru yang menjadi korban penembakan di Amerika Serikat menggugat pihak sekolah. Pelaku masih bocah berusia 6 tahun.

Tekan Pengaruh China, AS Pesan Rudal JAGM dan HELLFIRE Rp67 Triliun

1 hari lalu

Angkatan Darat AS memberikan kontrak kepada Lockheed Martin untuk pembelian rudal JAGM dan rudal Hellfire guna menghadapi meluasnya pengaruh China.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek