Pilihan

#NewsFlash Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Bus Evakuasi dari Khartoum Sudan Kecelakaan, 3 WNI Terluka - BeritaSatu

 

Bus Evakuasi dari Khartoum Sudan Kecelakaan, 3 WNI Terluka

BeritaSatu.com
2-3 minute


Jakarta, Beritasatu.com – Sebuah bus yang tengah mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) mengalami kecelakaan di Kota Atbara, Sudan. Akibat insiden itu, 3 WNI mengalami luka-luka.

“Saya menerima laporan bahwa satu dari tujuh bus yang membawa WNI evakuasi tahap kedua mengalami kecelakaan di dekat Kota Atbara,” ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi seperti dikutip dari situs resmi Kementeria Luar Negeri (Kemenlu), Kamis (27/4/2023).

Dikatakan, kecelakaan tunggal ini terjadi karena kondisi jalan rusak berat ditambah pengemudi mengalami kelelahan. Akibatnya, bus yang membawa WNI itu terperosok ke luar jalur.

Menlu mengatakan, tiga WNI yang mengalami luka-luka itu telah dibawa ke rumah sakit di Kota Port Sudan. Menlu juga memantau langsung kondisi 3 WNI tersebut.

Pada kesempatan itu, Menlu juga mengatakan bahwa sejauh ini sudah 897 WNI yang telah dievakuasi dari Kota Khartoum. Sementara, total WNI yang terdata di KBRI sebanyak 1.209 orang.

“Namun, setelah dilakukan pemutakhiran data, total WNI yang dapat dikontak dan tercatat adalah 937 orang,” ujar Menlu.

Dari jumlah itu, WNI yang sudah dievakuasi, baik tahap 1 maupun tahap 2, sebanyak 897 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 557 orang sudah tiba di Jeddah melalui Kota Port Sudan.

Kemudian, terdapat pula 15 WNI yang telah melakukan evakuasi secara mandiri dan 25 WNI menyatakan tidak ikut evakuasi karena alasan keluarga. Sedangkan, WNI lain sudah tidak berada di Sudan karena sudah kembali ke Indonesia, karena sedang pulang mudik atau tengah menjalankan umroa di Saudi Arabia.

“Setiba di Jeddah, para WNI yang telah dievakuasi itu akan beristirahat dan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia,” ujar Menlu.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek