Gara-gara Virus Marburg, Arab Saudi Larang Warganya Kunjungi Dua Negara Ini - Tempo

 

Gara-gara Virus Marburg, Arab Saudi Larang Warganya Kunjungi Dua Negara Ini

Reporter

Jumat, 31 Maret 2023 19:07 WIB

TEMPO.COJakarta - Arab Saudi dan Oman telah merekomendasikan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke Guinea Ekuatorial dan Tanzania karena merebaknya virus Marburg.

Otoritas Kesehatan Publik Arab Saudi (WEQAYA) menyarankan warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke dua negara Afrika tersebu,t sampai penyakit tersebut dapat dikendalikan, demikian laporan kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA), Jumat 31 Maret 2023.

Baca Juga:

WEQAYA juga mendesak warganya yang sudah ada di kedua negara ini untuk mematuhi langkah-langkah pencegahan pihak berwenang.

Oman mengeluarkan peringatan serupa, dengan kementerian kesehatan meminta warganya untuk tidak melakukan perjalanan ke kedua negara kecuali "sangat diperlukan".

Korban tewas akibat wabah virus Marburg di Guinea Equatorial telah mencapai sembilan jiwa, kata kementerian kesehatan pada Kamis. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah korban tewas sebenarnya sudah dua kali lipat.

Baca Juga:

Virus Marburg menyebabkan demam parah, seringkali disertai pendarahan dan kegagalan organ. Virus ini adalah bagian dari apa yang disebut keluarga filovirus yang juga mencakup Ebola, yang telah mendatangkan malapetaka di Afrika.

Pekan lalu, Tanzania pekan lalu mengumumkan lima kematian akibat Marburg, tetapi bersikeras penyebarannya terkendali setelah mengirim tim tanggap cepat ke wilayah barat laut Kagera yang berbatasan dengan Uganda.

Sumber alami yang diduga dari virus Marburg adalah kelelawar buah Afrika, yang membawa patogen tetapi tidak jatuh sakit karenanya. Saat ini tidak ada vaksin atau perawatan antivirus Marburg. Namun, perawatan potensial, termasuk produk darah, terapi imun dan terapi obat, serta calon vaksin awal sedang dievaluasi.

AL ARABIYA

Kelicikan Pemilik Travel Umrah Naila Syafaah, Pakai Barcode Lama untuk Jemaah Baru

1 hari lalu

Travel Naila Syafaah mendaftarkan data diri jemaah umrah ke laman Kementerian Agama menggunakan data jemaah lama

Mundur sebagai Pelatih Arab Saudi, Herve Renard Pilih Melatih Timnas Putri Prancis

2 hari lalu

Herve Renard merasa telah membawa timnas Arab Saudi sejauh yang dia bisa.

Kecam PT Naila Syafaah, Komnas Haji dan Umrah: Jangan Tergoda Fasilitas Wah Tapi Bawa Musibah

2 hari lalu

Komnas Haji mendukung langkah kepolisian membongkar kasus penipuan agen travel haji umrah yang dilakukan oleh PT Naila Syafaah Wisata Mandiri.

Top 3 Dunia: Profil dan Agenda Zakir Naik, Warga Jerman Pro-Rusia Diselidiki

2 hari lalu

Dua berita tentang pendakwah kontroversial, Zakir Naik, masuk dalam jajaran Top 3 Dunia edisi 28 Maret 2023.

Agen Travel Umrah Naila Syafaah Diduga Punya Banyak Kantor Cabang, Ratusan Korban Penipuan Rugi Rp 91 Miliar

3 hari lalu

Polda Metro menduga agen tarvel umrah PT Naila Syafaah Wisata Mandiri memiliki banyak kantor cabang di Jabodetabek. Sudah ada 500 korban penipuan.

Waspada Virus Marburg, Kemenkes Ingatkan Pemerintah dan Masyarakat Jangan Lengah

3 hari lalu

Indonesia melakukan penilaian risiko cepat penyakit virus Marburg pada 20 Februari 2023.

Viral Kembali Momen Syekh Ali Jaber Cium Kaki Bocah Hafiz, Berikut Profil Ali Jaber

3 hari lalu

Video Syekh Ali Jaber mencium tangan dan kaki bocah disabilitas hafiz Alquran kembali viral. Ini profil ulama asal Arab Saudi ini.

Xi Jinping Telepon Pangeran MBS, Dukung Pembicaraan Arab Saudi-Iran

3 hari lalu

Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya bergerak untuk mendiversifikasi mitra dengan memperhatikan kepentingan ekonomi dan keamanan nasional.

Kemenlu Cek WNI Kemungkinan Jadi Korban Kecelakaan Bus Jamaah Umrah

3 hari lalu

Bus yang mengangkut jamaah umrah di Arab Saudi mengalami kecelakaan. Kemenlu masih mencari informasi ihwal WNI yang kemungkinan menjadi korban.

Jadi Buron India, Ini Dua Agenda Zakir Naik di Oman

3 hari lalu

Penceramah Zakir Naik, yang menjadi buron Kepolisian India dan sempat dikabarkan ditangkap, menggelar dua ceramah di Oman di awal Ramadan ini.

Baca Juga

Komentar