Pilihan

IDI Tolak Berdamai dengan Pelaku Penganiayaan Dokter Carel - BeritaSatu

 

IDI Tolak Berdamai dengan Pelaku Penganiayaan Dokter Carel

BeritaSatu.com
4-4 minutes


Lampung Barat, Beritasatu.com - Peristiwa penganiayaan yang dialami dokter Puskesmas Fajar Bulan, Lampung Barat Carel Triwiyono Hamonangan viral di media sosial.

Ketua IDI Lampung Barat dr Iman Hendarman, menolak langkah damai dengan kedua pelaku penganiayaan dokter Carel yang sudah ditangkap dan ditahan polisi. Iman mendesak polisi memproses hukum kedua pelaku yang diketahui bernama Adi Wirahman (32) dan Misran Hadi (41) tersebut.

Dokter Iman Hendarman mengatakan pihaknya mengecam keras atas tindakan penganiayaan terhadap dokter Carel.

"Walaupun korban yaitu dokter Carel Triwiyono Hamonangan merupakan dokter internship atau magang, namun tugas mereka dilindungi secara hukum dan mereka merupakan bagian dari IDI," kata dokter Iman Hendarman, Selasa (25/4/2023).

Dokter Iman Hendarman mengapresiasi langkah cepat Polres Lampung Barat dalam menangani kasus penganiayaan yang menimpa dokter Carel Triwiyono Hamonangan dengan menangkap kedua pelaku penganiayaan.

"Kami sangat mengapresiasi langkah cepat Polres Lampung Barat dalam menangani kasus ini, namun kami juga meminta agar pelaku dapat diganjar hukuman yang setimpal, agar dapat menjadi pelajaran bagi semua," tegas Iman.

Iman menegaskan, IDI pusat sudah meminta IDI wilayah untuk memfasilitasi pendampingan hukum terhadap dokter Carel. IDI Lampung Barat juga sudah berkoordinasi dengan komite internsip dokter Indonesia menyikapi kasus penganiayaan tersebut.

Lebih lanjut Iman mengungkapkan, pihaknya memastikan bahwa apa yang dilakukan oleh dokter Carel dalam memberikan pelayanan sebelum kejadian penganiayaan sudah sesuai dengan SOP.

Dokter Iman Hendarman berharap peristiwa kekerasan terhadap tenaga kesehatan seperti yang dialami dokter Carel tidak kembali terjadi

Pascapenganiayaan tersebut, dokter Carel Triwiyono Hamonangan mengalami trauma berdasarkan hasil visum et repertum. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, saat ini dokter Carel ditempatkan di rumah khusus.

Rencananya dokter Carel Triwiyono Hamonangan akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Alimudin Umar, Liwa, Lampung Barat.

Diberitakan sebelumnya, dokter Puskesmas Fajar Bulan, Carel Triyanto Hamonangan menjadi korban penganiyaan pasien dan keluarganya.

Penganiayaan terhadap dokter Carel Triwiyono Hamonangan terjadi di Puskesmas Fajar Bulan, tempat korban bekerja pada Sabtu, 22 April 2023.

Penganiayaan ini dipicu ketidakpuasan kedua pelaku terhadap pelayanan dan penjelasan yang diberikan dokter Carel.

Dalam video amatir yang viral di media sosial, kedua pelaku penganiayaan yakni, Adi Wirahman (32) dan Misran Hadi (41) menyeret dan mencekik dan membanting korban.

Tidak terima dengan penganiayaan yang dilakukan para pelaku, dokter Carel melapor ke Polres Lampung Barat. Setelah menerima laporan dari korban, Polres Lampung Barat bergerak cepat menangkap kedua pelaku.

Kedua pelaku penganiayaan dokter Carel Triwiyono tersebut ditangkap ketika berada di rumah orang tuanya, Senin (24/4/2023).

Kedua pelaku yang diketahui merupakan warga Kelurahan Gunung Terang, Kota Bandar Lampung, Lampung tersebut kini ditahan di Polres Lampung Barat dan masih menjalani pemeriksaan intensif penyidik Sat Reskrim Polres Lampung Barat. 

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek