Pilihan

Jelang Arus Mudik, Warung Musiman Bermunculan di Jalur Pantura - Beritasatu

 

Jelang Arus Mudik, Warung Musiman Bermunculan di Jalur Pantura


Kamis, 13 April 2023 | 09:51 WIB
Chandra Kurnia / FER
Pedagang musiman di jalur arteri Pantura mulai menjamur jelang arus mudik lebaran 2023, Kamis, 13 April 2023.
Pedagang musiman di jalur arteri Pantura mulai menjamur jelang arus mudik lebaran 2023, Kamis, 13 April 2023. (B Universe Photo/Chandra Kurnia)

Indramayu, Beritasatu.com - Pedagang musiman mulai menjamur di jalur arteri Pantura Indramayu, menjelang arus mudik Lebaran 2023. Sejumlah warga mulai mendirikan warung dadakan di sepanjang bahu jalan yang menjadi lintasan utama arus mudik.

Seperti di jalur arteri Desa Ujungjaya, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, warga mulai mendirikan warung dadakan yang terbuat dari bambu, Kamis (13/4/2023).

Biasanya para pedagang musiman ini menjajakan aneka jajanan seperti minuman segar, makanan siap saji, hingga oleh-oleh khas Indramayu, yaitu buah mangga.

Advertisement

Selain untuk mendapatkan keuntungan, para pedagang ini pun memberikan fasilitas tempat istirahat para pemudik yang tengah melaju dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Seperti Wasdi (48), salah satu pedagang musiman, setiap musim arus mudik lebaran bersama keluarga dan sejumlah rekannya bekerjasama mendirikan warung dadakan di jalur arteri Pantura. "Iya tiap tahun, jelang arus mudik lebaran kita bikin warung," ungkapnya.

Warung dadakan itu sengaja Wasdi dirikan menggunakan bambu dan ditutup terpal, selain untuk memudahkan proses pembuatan, kata Wasdi, biayanya pun lebih murah.

"Kalau dihitung-hitung ya modal awalnya Rp 3 juta buat bikin warung sama buat belanjanya," katanya.

Wasdi menambahkan, biasanya ia menjajakan minuman segar hingga makanan cepat saji seperti mi instan, yang biasa diburu oleh pemudik. "Saya jual yang biasa dicari pemudik, kayak minuman segar sama makanan ringan," lanjutnya.

Selama arus mudik lebaran, warung dadakan milik Wasdi, dibangun di jalur Jakarta arah Jawa Tengah, namun saat arus balik Lebaran, warung tersebut dipindahkan ke seberang jalan, yakni di jalur Jawa Tengah menuju Jakarta.

"Kalau arus balik saya pindah ke seberang, jadi arus mudik disini, arus balik diseberangnya, ngikut ramainya jalan aja," tandasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek