Jet Tempur Israel Gempur Jalur Gaza, Krisis Al-Aqsa Meningkat - Beritasatu

 

Jet Tempur Israel Gempur Jalur Gaza, Krisis Al-Aqsa Meningkat

Jumat, 7 April 2023 | 21:35 WIB
Surya Lesmana / LES
Api dan asap mengepul setelah serangan udara Israel di Jalur Gaza tengah, Jumat, 7 April 2023.
Api dan asap mengepul setelah serangan udara Israel di Jalur Gaza tengah, Jumat, 7 April 2023. (AP)

Gaza City, Beritasatu.com – Jet tempur Israel menggempur sejumlah situs militer milik kelompok Hamas dan Jihad Islam di Jalur Gaza, dari tengah malam hingga dini hari Jumat (7/4/2023).

Pengeboman Israel juga menargetkan area pertanian, selain menara pengawas di perbatasan timur.

Israel mengklaim bahwa pengeboman itu sebagai tanggapan atas rudal yang ditembakkan dari Jalur Gaza ke kota-kota Israel dalam beberapa hari terakhir.

Advertisement

Selama pengeboman, faksi Palestina menembakkan peluru ke kota-kota Israel, yang sebagian besar dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome.

Media Israel, mengutip sumber keamanan, mengatakan sekitar 44 roket ditembakkan dari Gaza pada malam hari.

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, pengeboman Israel terhadap situs-situs Palestina tidak menyebabkan cedera, tetapi mengakibatkan kerusakan material pada rumah dan properti, serta Rumah Sakit Anak Al-Durra, di sebelah timur Kota Gaza.

Dalam pernyataan pers, kementerian mengatakan bahwa pengeboman itu "menyebabkan kebingungan dan ketakutan di antara staf medis, pasien anak, dan rekan mereka."

Juru bicara militer Israel Daniel Hagari mengatakan bahwa pesawat Israel menjatuhkan 50 ton bom dalam pengeboman mereka di Jalur Gaza pada malam hari.

Abeer Ishteiwi (50), mengatakan kepada Arab News: “Kami melewati malam penuh teror dan ketakutan. Suara pemboman dan pesawat tempur terdengar menakutkan. Ketika tempat di dekat Rumah Sakit Al-Durra dibom, saya merasa rumah itu berpindah dari tempatnya.”

Dia menambahkan: “Alhamdulillah kami tidak mengalami kerusakan apa pun, tetapi anak laki-laki saya selalu dekat dengan saya sepanjang waktu. Saya merasakan dia gemetar dengan suara pesawat di langit, dan ketika pengeboman terjadi, dia mulai berteriak dan menangis, dan dia hampir tidak bisa tidur lagi di pagi hari.”

Kelompok Jihad Islam mengancam akan menembakkan roket ke kota-kota Israel selama Israel menyerang Jalur Gaza.

Dawood Shehab, seorang pejabat Jihad Islam, mengatakan: “Setiap pemboman akan ditanggapi dengan roket, dan setiap agresi akan ditanggapi dengan setimpal. Menyerang Al-Aqsa atau melukai jamaah... akan ditanggapi dengan balasan. Ini adalah aturan keterlibatan yang telah menjadi bagian dari doktrin pertempuran Palestina.”

Hamas menganggap Israel bertanggung jawab atas meningkatnya ketegangan akibat serangan terhadap jamaah Palestina di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

"Kami menganggap pendudukan Zionis bertanggung jawab penuh atas eskalasi berbahaya dan agresi terang-terangan terhadap Jalur Gaza dan rakyat Palestina yang kami banggakan, dan atas apa yang akan terjadi di kawasan itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

“Agresi brutal terhadap Gaza dan pelanggaran pendudukan yang terus berlanjut terhadap Yerusalem dan Al-Aqsa tidak akan mencapai keamanan pendudukan, juga tidak akan memberinya kemenangan atau hak di tanah kami dan Yerusalem.”

Beberapa hari terakhir telah menyaksikan ketegangan yang signifikan sehubungan dengan peristiwa di Masjid Al-Aqsa, dengan rekaman dari tempat kejadian menunjukkan polisi Israel menyerang jamaah di dalam masjid. Kerang ditembakkan dari Jalur Gaza sebagai tanggapan malam itu.

Ayman Al-Rafati, seorang analis politik yang dekat dengan Hamas, mengatakan kepada Arab News bahwa Hamas dan faksi Palestina lainnya siap dan mengantisipasi semua skenario.

"Perlawanan siap untuk skenario ini di semua lini, dan penilaian salah yang terus berlanjut akan menyebabkan reaksi yang lebih besar dan tidak terduga," katanya.

“Pemerintah pendudukan harus menyadari bahwa setiap kali ada pelanggaran terhadap Masjid Al-Aqsa, akan ada reaksi yang tidak terduga dan tiba-tiba.”

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar