Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes: Masih di Bawah Standar WHO - MSN

 

Kasus Covid-19 Meningkat, Kemenkes: Masih di Bawah Standar WHO

MSN
© M Iqbal Al Machmudi
 Kasus covid-19 di Indonesia meningkat beberapa waktu terakhir.
© M Iqbal Al Machmudi Kasus covid-19 di Indonesia meningkat beberapa waktu terakhir.

Jakarta: Kasus covid-19 di Indonesia meningkat beberapa waktu terakhir. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan meski angka konfirmasi covid-19 meningkat, namun masih di bawah standar World Health Organization (WHO), yakni 5 persen.

Berdasarkan laporan Satgas Covid-19 per 18 April 2023 angka konfimasi covid-19 bertambah 1.343 kasus dan angka kematian 11 kasus. Kemudian kasus aktif sekitar 9.776 kasus atau hanya 0,1 persen.

"Kita masih di bawah angka standar WHO jadi walau peningkatan kasus ada BOR dan fatalitas masih sangat rendah. Artinya banyak yang positif tapi gejala ringan dan dapat sembuh dengan durasi sakit yang pendek," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Selasa, 18 April 2023.

Namun, ia mengimbau masyarakat agar melakukan vaksinasi booster kedua sebelum melakukan perjalanan mudik. Imbauan tersebut untuk melindungi diri sendiri maupun keluarga di kampung halaman.

Terlebih, bila ada keluarga yang memiliki penyakit komorbid dan lansia maka bisa memperparah bila tertular covud-19. Saat ini, angka vaksinasi booster kedua baru tercatat 3,1 juta orang dan booster pertama sudah 68,7 juta orang.

"Kemudian ketika mudik kita meminta masyarakat untuk mau dicek supaya ketika di pos isolasi sehingga menurunkan penularan di masyarakat. Pakai masker kalau sakit atau saat mudik pada tempat tempat yang penuh kerumunan atau padat," ujarnya.

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Baca Juga

Komentar