KBRI Ankara Bagikan Ribuan Paket Buka Puasa untuk Korban Gempa Turki - Medccom

 

KBRI Ankara Bagikan Ribuan Paket Buka Puasa untuk Korban Gempa Turki

Willy Haryono,  

Dubes Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal (tiga kiri) hadir dalam pembagian paket sembako dan makanan berbuka puasa di Hatay, Turki, 7 April 2023. (Kemenlu RI)
Dubes Indonesia untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal (tiga kiri) hadir dalam pembagian paket sembako dan makanan berbuka puasa di Hatay, Turki, 7 April 2023. (Kemenlu RI)

Hatay: Gempa bumi di Turki pada 6 Februari lalu menyisakan luka mendalam bagi para korban. Tidak terkecuali di Hatay, satu dari 11 provinsi yang terdampak gempa di Turki, dan merupakan salah satu daerah yang paling parah terdampak bencana.

Bersama sejumlah organisasi nirlaba (NGO) dari Indonesia, KBRI Ankara menggelar festival Ramadan di Hatay dengan tema "Endonezya Karedeslar Iftari" dan membagikan ribuan bantuan kemanusiaan serta menu berbuka puasa bagi korban gempa di kawasan tersebut pada Jumat, 7 April.

"Ini adalah bentuk ketulusan hati masyarakat Indonesia kepada masyarakat Turki. Kami dapat merasakan sakit yang menimpa saudara-saudara kami, warga Turki. Dengan kegiatan ini, kami ingin menyampaikan pesan dan komitmen Indonesia untuk terus hadir bagi Turki di masa-masa sulitnya," kata Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Senin, 10 April 2023.

Sejak pagi hari, 17 NGO menyalurkan paket sembako kepada lebih dari 1600 warga Narlica di Hatay, termasuk anak-anak. Bantuan kemanusiaan terdiri dari sembako dan keperluan sekolah anak-anak. Di siang hari, diadakan sesi trauma healing untuk menghibur mereka.

"Kami merasa terhormat dapat turut kolaborasi dengan KBRI Ankara pada kegiatan ini. Antusiasme masyarakat Indonesia untuk menyalurkan bantuan ke Turki terus mengalir tiada henti," ungkap Ardhi Maulana Fajrin, project manager Forum Zakat, salah satu NGO yang turut dalam kolaborasi ini.  



Sebelum berbuka puasa atau iftar, pengungsi dihibur nyanyian bernuansa Islami, tari Saman dan lantunan ayat suci Al Qur'án. Acara dihadiri Wakil Gubernur Hatay, Burga Karadag, petinggi AFAD di Hatay, Kursat Biter dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam acara tersebut, Dubes Iqbal memberikan penghargaan kepada sejumlah pemangku kepentingan terkait di Hatay yang telah membantu misi kemanusiaan Indonesia selama ini, termasuk asosiasi pemandu wisata Turki yang telah membantu urusan penerjemahan tim kemanusiaan Indonesia. 

Seribu menu iftar yang terdiri dari takjil, sup ayam dan nasi goreng kambing dibagikan kepada penduduk Narlica yang menyambutnya dengan gembira. "Saya sangat suka dengan nasi goreng kambing. Gurih dan sedap sekali," tutur salah seorang warga, Derya Karatas, saat ditanya kesan dari acara ini. 

Narlica merupakan salah satu distrik di Provinsi Hatay yang hancur akibat gempa. Penduduk di sana saat ini tinggal di tenda-tenda pengungsian. Terdapat sekitar 1600 orang warga di kawasan tersebut.

NGO Indonesia yang berpartisipasi dalam acara ini di antaranya Forum Zakat, Inisiatif Zakat Indonesia, AQL Relief Indonesia, Global Humanity Network, Rumah Zakat, Baitul Maal Hidayatullah, Human Initiative, Forum Zakat, Wahdah Inspirasi Zakat, DT Peduli, Muslim SEASIA Foundation, Yayasan Berbagi Bahagia, LazisMU, ASAR Humanity dan Little Project.

Baca juga:  RI Kembali Distribusikan Bantuan Logistik Bagi WNI Terdampak Gempa Turki

Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

Editor : Willy Haryono

Baca Juga

Komentar