Kelancaran Mudik Lebaran di Jatim Diapresiasi Komisi III DPR RI - detik

 

Kelancaran Mudik Lebaran di Jatim Diapresiasi Komisi III DPR RI

Esti Widiyana - detikJatim
Minggu, 23 Apr 2023 03:03 WIB
Kunjungan DPR RI di Pos Mudik Lebaran Polres Mojokerto
Kunjungan DPR RI di Pos Mudik Lebaran Polres Mojokerto. (Foto: Istimewa)
Surabaya -

Selama arus mudik hingga Hari Raya Idul Fitri 2023, Jawa Timur terpantau aman dan lancar. Komisi III (komisi Hukum) DPR RI Wihadi Wiyanto mengapresiasi kinerja Polri, khususnya Polda Jatim. Apalagi angka kecelakaan lalu lintas menurun.

Dia menyebutkan bahwa kemacetan atau laka lantas pada Lebaran kali ini bisa diantisipasi dan diminimalisir sedemikian rupa sehingga perjalanan arus mudik bisa berjalan lancar dan warga bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga di kampung halaman.

"Kami sempat khawatir dengan peningkatan pemudik mencapai 30%, berpotensi bisa menyebabkan terjadinya kemacetan. Tapi Alhamdulillah, berdasarkan informasi berita di media dan data di Polda Jatim, mudik berjalan dengan aman, lancar, dan nyaman," kata politikus Dapil Jatim ini, Sabtu (22/4/2023).

PARALLAX IN DETAIL
300x250

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan hasil monitoring dan koordinasi dengan Polda Jatim, mudik lebaran hingga hari ketiga angkat laka lantas dapat ditekan. Dari 199 kejadian tahun lalu menjadi 196 kejadian atau turun 3%.

"Fatalitas korban juga menurun hingga 56%, dari 16 orang meninggal menjadi hanya 9 orang. Dengan mobilitas masyarakat mencapai 30%, potensi laka pasti meningkat, tapi kali ini turun dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Menurutnya, keberhasilan ini tak lepas dari kinerja aparat di lapangan yang disebar di semua titik rawan. Selain itu, juga karena meningkatnya kesadaran hukum masyarakat. Karena itu ia juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat.

"Tetap semangat dan tetap waspada karena setelah arus mudik ada arus balik, semoga para aparatur negara baik Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya tetap sehat dan tetap berupaya memberikan yang terbaik buat masyarakat. Selamat lebaran Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin," ujarnya.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Muhammad Taslim bersyukur dan berterima kasih atas situasi arus mudik Lebaran di Jatim. Dia mengklaim Jatim relatif aman, lancar, dan nyaman.

"Terima kasih untuk semua petugas yang sudah bekerja keras dan terima kasih buat masyarakat yang telah menaati peraturan dan tertib berlalu lintas demi keselamatan bersama," pungkasnya.




Simak Video "Catat! Rekayasa Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023"


(dpe/dte)

Baca Juga

Komentar