Pilihan

Kenali Tubuh Lewat Tes DNA Guna Ketahui Risiko Penyakit By BeritaSatu

 

Kenali Tubuh Lewat Tes DNA Guna Ketahui Risiko Penyakit

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 14, 2023
Ilustrasi tes DNA.
Ilustrasi tes DNA.

Jakarta, Beritasatu.com - Tes DNA adalah prosedur yang digunakan untuk mengetahui informasi genetika seseorang. Hal itu tentunya berkaitan dengan kemajuan teknologi terbaru yang memungkinkan mengungkap semua misteri tubuh manusia.

Bahkan menghilangkan dugaan dan tidak ada lagi coba-coba untuk melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan DNA masing-masing.

Salah satunya adalah test lifestyle genomics yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang bagaimana genetik seseorang dapat mempengaruhi gaya hidup mereka sekaligus mengetahui risiko penyakit berbahaya.

Kepala Klinik Utama Genomics Hub, dr Zoya M Adyasa mengatakan, test lifestyle genomics akan menganalisis DNA dengan cara mengambil sample dari saliva (air liur) yang diambil dari bagian pipi dalam mulut, jadi sangat sederhana dan tanpa rasa sakit bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

"Setelah di proses selama 14 hari kerja maka akan keluar report tubuh secara detail tentang kecenderungan seseorang, misalnya kecenderungan pola makan, kecenderungan olahraga, sensitivitas terhadap kafein, intoleransi terhadap kacang-kacangan dan lebih banyak lagi," kata Zoya dalam penjelasan mengenai test lifestyle genomics kepada wartawan di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Menurutnya, dengan menerima informasi tubuh kita melalui tes lifestyle genomics, diharapkan seseorang dapat mendesain gaya hidup yang tepat sesuai dengan kecenderungan DNA nya.

"Misalnya, cara terbaik untuk pola dietnya, produk perawatan kulit yang tepat, hingga exercise yang terbaik untuk dilakukan sesuai dengan tipe tubuh," katanya.

Dikatakan, tes berbasis genomic ini bisa untuk semua orang, dan klinik Genomics Hub menyediakan layanan specialistik sebagai jembatan anatara tes genomic dengan pelayanan dokter.

"Dengan adanya klinik dan dokter spesialis disini, ada akupuntur, penyakit dalam, hingga gizi klinik maka tanyaDNA by GSI Lab bisa memberikan pelayanan yang holistik dan mengarahkan pasien ke precision medicine," pungkas dia.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek