Pilihan

Lebih dari 1.400 Kecelakaan Terjadi Selama Mudik Lebaran 2023, Microsleep Jadi Salah Satu Penyebabnya - inews

 

Lebih dari 1.400 Kecelakaan Terjadi Selama Mudik Lebaran 2023, Microsleep Jadi Salah Satu Penyebabnya

Muhamad Fadli Ramadan 
Lebih dari 1.400 Kecelakaan Terjadi Selama Mudik Lebaran 2023, Microsleep Jadi Salah Satu Penyebabnya
Selain korban tewas, ada juga 186 orang yang mengalami luka berat karena terlibat kecelakaan. (Foto: NTMCPolri)

JAKARTA, iNews.id – Korlantas Polri mencatat angka kecelakaan mencapai 1.457 kasus selama arus mudik Lebaran 2023 mulai dari 18 hingga 23 April. Sementara untuk jumlah tewas mencapai 189 orang dalam insiden tersebut.

Selain korban tewas, ada juga 186 orang yang mengalami luka berat karena terlibat kecelakaan. Sedangkan yang mengalami luka ringan, sebanyak 2.013 orang.

Baca Juga

“Rekapitulasi kecelakaan lalu lintas Ops Ketupat 2023 periode 18-23 April 2023 ada 1.457 kecelakaan dengan korban meninggal dunia sebanyak 189 orang,” kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan dikutip dari iNews.id, Selasa (25/4/2023).

Aan mengatakan angka kecelakaan tersebut mengalami penurunan sebesar 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Dia juga memastikan jumlah korban tewas dan luka-luka akibat kecelakaan pada mudik Lebaran 2023 turun hingga 39 persen.

Baca Juga

“Kecelakaan yang banyak terjadi pada pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB, dengan jumlah 240 kejadian. Rem yang tidak berfungsi menjadi penyebab kecelakaan tertinggi dengan jumlah sebanyak 185 kejadian,” ungkapnya.

Meski alami penurunan, angka kecelakaan seharusnya bisa ditekan lebih rendah lagi apabila pengemudi menerapkan manajemen waktu berkendara. Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) mengatakan kecelakaan terjadi akibat pengemudi memaksakan kondisinya.

Baca Juga

“Pengemudi wajib mempersiapkan diri 3 hari sebelum melakukan perjalanan, dan beristirahat total satu hari sebelum mudik. Jika melakukan pola tersebut, maka perjalanan akan lebih aman karena kondisi fisik pengemudi bugar,” kata Sony kepada iNews.id.

Seperti diketahui, kecelakaan kerap terjadi akibat pengemudi yang lengah atau kehilangan konsentrasi. Gangguan microsleep kerap menyerang pengemudi yang mengakibatkan kecelakaan fatal ketika berada di jalan tol.

“Jaga kesehatan, pastikan asupan makanan dan minuman setidaknya mendekati 4 sehat 5 sempurna. Kemudian menerapkan gaya berkendara defensif, paling tidak ini memberikan rasa aman selama perjalanan,” tutur Sony.

Pada musim mudik Lebaran, Sony mengatakan banyak pemudi yang memasang sistem target, artinya berangkat pukul sekian dan sampai di tujuan pukul sekian di hari yang sama.

Menurutnya, itu sangat berbahaya karena pengemudi akan merasa tergesa-gesa dan memacu mobil dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat membuat kondisi tubuh menurun, sehingga kehilangan konsentrasi yang akan menyebabkan kecelakaan.

“Jangan pasang sistem target. Semua jalan pasti macet, siapkan waktu dua hari di perjalanan. Singgah di suatu daerah apabila hari sudah mulai gelap dan lanjutkan perjalanan pada esok harinya,” ujar Sony.

Editor : Ismet Humaedi

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek