Libur Lebaran, Sampah di Kota Yogyakarta Bertambah 28 Ton Per Hari - Tempo

 

Libur Lebaran, Sampah di Kota Yogyakarta Bertambah 28 Ton Per Hari

Reporter

Sabtu, 29 April 2023 09:29 WIB

TEMPO.COYogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta mencatat terjadinya penambahan volume sampah signifikan pada libur Lebaran pada 19-26 April 2023 di Kota Yogyakarta.

Dari hasil penimbangan yang dilakukan, sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan yang berasal dari Kota Yogya selama periode libur Lebaran itu mencapai 267 ton per harinya.

Baca Juga:

"Jumlah sampah harian saat libur Lebaran itu meningkat 28 ton per harinya dibanding hari biasanya, yakni 239 ton per hari," kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah DLH Kota Yogyakarta Ahmad Haryoko, Jumat, 28 April 2023.

Peningkatan volume sampah disinyalir karena adanya peningkatan mobilitas cukup besar selama libur Lebaran. Terutama jumlah pemudik yang mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Dari jenis sampah yang dihasilkan, Haryoko membeberkan merupakan sampah dari aktivitas wisata. Itu ditandai dengan sampah organik banyak terbuang dan sampah anorganik terlalu banyak. 

Baca Juga:

"Namun sekarang pengurangan volumenya sudah banyak sekali, terutama karena aktifnya bank sampah yang di kampung kampung yang membantu pengelolaan di wilayah," kata Haryoko.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Veronica Ambar Ismuwardani mengatakan dari hasil survei pihaknya menjelang akhir libur Lebaran, sampah dari wisatawan yang datang ke Kota Yogyakarta, terutama di Pasar Beringharjo masih mencapai 2 ton per harinya.Hal itu dipicu kenaikan pengunjung di pasar tradisional terbesar Kota Yogyakarta di kawasan Malioboro itu.

"Ada sebanyak 15 ribu pengunjung yang berwisata ke Pasar Beringharjo selama libur Lebaran ini," kata Ambar.

Dinas Perdagangan Kota Yogya sendiri setiap harinya musti mengerahkan 53 personil untuk menanggulangi tumpukan sampah di pasar tradisional itu. "Sebanyak 53 personil itu memiliki jadwal khusus agar sampah yang ada di pasar ini bersih sehingga membuat wisatawan tetap nyaman saat berbelanja," kata dia.

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram http://tempo.co/. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Artikel Terkait

Heru Budi Hartono Sebut Pendataan Pendatang Baru di DKI Tak Terkait Pindah Ibu Kota dan Pemilu 2024

5 jam lalu

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono mengatakan pendataan pendatang baru dalam rangka coklin data BPS. Agar data penduduk Jakarta akurat.

Objek Wisata Pantai Padang Dipenuhi Tumpukan Sampah

13 jam lalu

Tumpukan sampah tersebut, menurut pengunjung, menganggu keindahan pantai Padang.

Walhi Sebut Bandung Terancam Darurat Sampah, Ini Alasannya

16 jam lalu

Penumpukan sampah terkait peningkatan konsumsi warga selama bulan puasa hingga libur Lebaran.

Tips Kembali Produktif usai Liburan

1 hari lalu

Beberapa kegiatan berikut bisa diterapkan untuk mengembalikan produktivitas setelah liburan dan semangat bekerja lagi.

Penyebab Orang Malas Kerja Sepulang Libur Lebaran

1 hari lalu

Psikolog menyebut produktivitas menurun setelah libur panjang seperti libur Lebaran disebabkan tubuh sedang mengalami penyesuaian.

Libur Lebaran 2023, Jumlah Penumpang KRL Solo-Yogya Melonjak lebih dari 100 Persen

1 hari lalu

Jumlah penumpang commuter line atau KRL Solo-Yogyakarta selama musim libur Lebaran 2023 melonjak hingga lebih dari 100 persen. Apa sebabnya?

Festival Jeron Beteng di Yogyakarta Akhir Pekan ini, Ada Puluhan Pertunjukan Seni

1 hari lalu

Festival yang baru pertama kali digelar itu melibatkan warga dari kampung-kampung yang mengelilingi Keraton Yogyakarta.

Pelajar Asal Subang yang Terseret Ombak Pantai Parangtritis Ditemukan di Pantai Widuri

1 hari lalu

Korban sebelumnya terseret ombak saat bermain di pantai Parangtritis bersama dua rekan sekampungnya.

Selain Malioboro, Pasar Beringharjo dan Taman Pintar Jadi Primadona Wisata Libur Lebaran di Yogyakarta

2 hari lalu

Objek yang banyak dituju wisatawan itu lokasinya masih di sekitaran atau cukup berjalan kaki saja dari kawasan Malioboro.

Hari Tari Dunia 2023, Yogyakarta Gelar Event Jogja Joged Akhir Pekan ini

2 hari lalu

Event gratis itu melibatkan tak kurang 500 penari atau seniman tari dari lima kabupaten kota se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Baca Juga

Komentar