Mengapa Afrika Kaya akan Berlian? - MSN

 

Mengapa Afrika Kaya akan Berlian?

MSN
Ilustrasi berlian, birthstone bagi mereka yang lahir di bulan April.
Ilustrasi berlian, birthstone bagi mereka yang lahir di bulan April.

KOMPAS.com - Berlian adalah salah satu mineral paling berharga di dunia dan tempat yang menjadi penghasil terbesar berlian adalah Afrika.

Sayangnya, berlian juga merupakan sumber konflik di wilayah tersebut sehingga kekayaan mineral ini justru tidak menyejahterakan orang-orang yang tinggal di sana.

Penambangan dan perdagangan intan sering dikaitkan dengan eksploitasi, konflik, pembunuhan massal, dan pelanggaran hak asasi manusia. Itu mengapa berlian pun juga sering disebut dengan 'berlian darah'.

Terlepas dari itu, pernahkah bertanya-tanya mengapa Afrika begitu kaya akan berlian?

Berlian di Afrika

Mengutip Science ABC, Afrika sangat kaya akan deposit berlian dengan beberapa negara di benua tesebut menjadi produsen berlian utama. Menurut perkiraan, Afrika menghasilkan sekitar dua pertiga pasokan berlian dunia.

Botswana, Afrika Selatan, Angola, dan Republik Demokratik Kongo adalah negara-negara pertambangan berlian di benua Afrika.

Benua Afrika memiliki sejarah geologis yang luas yang berkontribusi pada kekayaan berliannya. Aktivitas tektonik telah memainkan peran penting di Afrika yang begitu kaya akan berlian.

Saat lempeng tektonik bergerak dan bergeser seiring waktu, itu seperti benturan raksasa yang dapat menciptakan pegunungan dan juga kondisi ideal untuk pembentukan berlian.

Aktivitas tektonik ini terkonsentrasi di Afrika selatan dan tengah, menjadikannya kawasan paling kaya berlian di benua itu.

Terbentuknya berlian

Berlian terbentuk jauh di dalam mantel Bumi, di mana suhu dan tekanan tinggi menyebabkan karbon mengkristal menjadi struktur berlian.

Berlian kemudian diangkut ke permukaan Bumi melalui pipa kimberliter, pipa vulkanik yang mengangkut magma dan berlian ke permukaan. Endapan berlian terbentuk ketika berlian ini diendapkan di batuan sekitarnya.

Erosi dan pelapukan kemudian mengikis lapisan permukaan selama jutaan dan mengungkap berlian. Setelahnya, berlian baru bisa ditambang dan diproses serta menghasilkan batu permata menakjubkan yang dikenal dan dicari orang di seluruh dunia.

Kekayaan berlian Afrika merupakkan hasil jutaan tahun proses geologis kompleks yang telah membentuk benua. Sayangnya, di sisi lain eksploitas berlian telah mengakibatkan konflik dan kemiskinan.

Baca Juga

Komentar