Pilihan

Perantau Bali Mudik Lebih Awal, ASDP Ketapang Banyuwangi Siapkan 30 Unit Kapal By BeritaSatu

 

Perantau Bali Mudik Lebih Awal, ASDP Ketapang Banyuwangi Siapkan 30 Unit Kapal

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 12, 2023
Para perantau yang bekerja di Pulau Dewata
Para perantau yang bekerja di Pulau Dewata

Banyuwangi,Beritasatu.com - Lebaran 2023 atau hari raya Idulfitri 1444 Hijriah tinggal menunggu hitungan hari. Memasuki H-10 Lebaran, para perantau yang bekerja di Pulau Dewata (Bali) mulai memadati pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagian besar dari mereka memilih mudik lebih awal dikarenakan para perantau mengantisipasi dan menghindari kemacetan. Salah seorang pemudik Mulyadi mengatakan dirinya sengaja mudik lebih awal, lantaran menghindari kepadatan saat puncak arus mudik berlangsung.

"Ini saya dari Denpasar mau pulang ke Jawa, mau Lebaran bareng keluarga di Jawa. Saya sengaja mudik lebih awal karena untuk menghindari kepadatan, sebab selama pengalaman dari tahun-tahun yang lalu setiap H-2 pelabuhan selalu padat,'' kata Mulyadi.

Sementara itu Otoritas Pelabuhan ASDP Cabang Ketapang Banyuwangi telah menyiapakan segala persiapan sarana dan prasarana, mulai dari dermaga sandar kapal hingga unit 28 kapal yang akan disiagakan untuk mengangkut para pemudik.

"Untuk menyambut arus mudik Lebaran 2023 ini kami pihak pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang berlangsungnya kegiatan mudik Lebaran 2023,'' kata Manager Usaha PT ASDP Cabang Ketapang Banyuwangi Tri Kustanto saat ditemui di kantornya pada Rabu (12/4/2023).

Tri Kustanto juga menyampaikan, prediksi puncak lonjakan pengguna jasa pelayaran Jawa-Bali pada musim mudik tahun ini diprediksi mulai 18 April 2023. "Diprediksi lonjakan pengguna jasa penyebrangan, selama musim mudik tahun ini mulai 18 April 2023,'' katanya.

Diprediksi pada momen Lebaran tahun ini pemudik akan mengalami peningkatan yang sangat signifikan, untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pihak otoritas pelabuhan telah menyiapkan sebanyak 2 hingga 3 unit kapal tambahan sehingga dalam jumlah kapal sebanyak 30 hingga 31 unit.

"Apabila nanti terjadi lonjakan penumpang kami telah menyiapkan 2 hingga 3 unit kapal untuk angkutan mudik lebaran 2023'', Jelas Tri Kustanto.

Ia menambahkan dalam hal ini juga pihak ASDP bekerjasama dengan stakeholther terkait akan menyiapkan kantung-kantung parkir di sekitar area pelabuhan Ketapang Banyuwangi, maupun Gilimanuk Jemberana Bali.

''Tak hanya itu,Kami juga akan menyiapkan kantung kantung parkir di sekitar pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk'', Tambah Tri Kustanto.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek