Rabu, Dewas Panggil Pimpinan KPK Terkait Laporan Brigjen Endar - Beritasatu

 

Rabu, Dewas Panggil Pimpinan KPK Terkait Laporan Brigjen Endar

Selasa, 11 April 2023 | 19:00 WIB
Muhammad Aulia / FFS
Syamsuddin Haris.
Syamsuddin Haris. (Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi atau Dewas KPK memanggil pimpinan KPK, Rabu (12/4/2023) besok. Pemanggilan ini adalah tindak lanjut atas laporan Brigjen Endar Priantoro buntut pencopotan dirinya sebagai Direktur Penyelidikan KPK.

"Klarifikasi (hari ini) belum. Besok pimpinan (dipanggil)," kata anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris di Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Namun demikian, Syamsuddin belum menyebutkan sosok pimpinan KPK yang mendapat giliran dipanggil besok. Hanya saja, dia menyampaikan tidak seluruh pimpinan KPK dipanggil.

Advertisement

"Tidak bisa sekaligus kan mesti bertahap," ungkap Syamsuddin.

Syamsuddin memastikan, Dewas KPK akan bekerja profesional menindaklanjuti tiap laporan yang disampaikan. Dia memastikan, tiap laporan dugaan pelanggaran etik bakal ditangani pihaknya.

Dewas KPK diketahui sudah mulai melakukan pemeriksaan buntut pelaporan oleh Brigjen Endar Priantoro terkait pencopotan dirinya sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Salah satu yang diminta klarifikasi yakni Sekjen KPK Cahya H Harefa.

"Sudah dimulai melakukan klarifikasi baru dua orang yaitu pelapor Pak Endar dan Pak Sekjen," kata Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean kepada wartawan, Selasa (11/4/2023).

Tumpak tidak menerangkan lebih lanjut soal hasil klarifikasi yang dilakukan Dewas KPK terhadap Cahya terkait polemik pencopotan Endar. Dia hanya memastikan, sejumlah pihak lainnya akan turut dimintai klarifikasi oleh Dewas KPK terkait polemik dimaksud.

Brigjen Endar Priantoro diketahui dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Terkini, Endar tidak bisa masuk ke Gedung Merah Putih KPK, terutama ruang kerjanya karena aksesnya telah diputus.

Pantauan Beritasatu.com, Brigjen Endar mendatangi Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (10/4/2023) sekitar pukul 07.30 WIB. Endar terlihat mengenakan kemeja putih dengan membawa map berwarna merah.

“Ya, tadi saya berusaha mencoba masuk seperti biasa, ternyata memang betul. Memang dari kemarin saya sudah di-off-kan,” ungkap Endar.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar