Terjebak Macet, Ibu di Sukabumi Melahirkan dalam Mobil Ambulans - Beritasatu

 

Terjebak Macet, Ibu di Sukabumi Melahirkan dalam Mobil Ambulans

Selasa, 25 April 2023 | 07:25 WIB
Riza / LES
Yani Suryani yang melahirkan di ambulans bersama Polisi Polres Sukabumi.
Yani Suryani yang melahirkan di ambulans bersama Polisi Polres Sukabumi. (Beritasatu)

Sukabumi, Beritasatu.com - Yani Nuryani seorang ibu di Sukabumi, Jawa Barat terpaksa melahirkan di ambulans pada senin (24/4/2023). Hal ini disebabkan, mobil ambulans itu terjebak macet di persimpangan exit tol Parungkuda Bocimi.

Beruntung saat itu, ada petugas Kepolisian yang tengah mengatur arus lalu lintas, mengetahui ada seorang ibu yang mau melahirkan petugas langsung mengevakuasi mobil ambulans yang terjebak kemacetan itu dengan mengarahkan mobil ambulans  tersebut ke pos terpadu lebaran.

Akhirnya tak berselang lama proses persalinan yang dilakukan oleh bidan Puskesmas dengan dibantu petugas medis yang ada di Pos terpadu berjalan lancar. Bayi perempuan pun lahir di tengah-tengah hiruk pikuk kendaraan.

Suami Yani, Ikin (45) mengatakan, awalnya proses persalinan akan dilakukan di Puskesmas namun karena faktor kesehatan istrinya itu, maka dirujuk ke RSUD Sekarwangi dengan menggunakan mobil ambulans Desa.

Advertisement

"Awalnya dari rumah di bawa ke Puskesmas, terus katanya harus dirujuk ke Sekarwangi (Rumah Sakit) enggak taunya di jalan sudah lahiran, Tentu kejebak macet, kalau di jalan kan pakai ambulans bisa lewat cuman keburu lahiran, bayinya perempuan," Kata Ikin

Sementara itu, Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan, berawal dari laporan masyarakat dan berkat kesigapan dari petugas yang berusaha mengevakuasi ambulans dari kepadatan lalulintas, akhirnya seorang ibu tersebut bisa melahirkan dengan baik dan lancar di pos terpadu.

"Kita dapat laporan atau informasi dari masyarakat perlu bantuan ibu-ibu yang akan melahirkan bergerak dari informasi tersebut segera kita langsung evakuasi dari kepadatan arus lalulintas, dan ternyata si ibu sudah tidak tahan lagi terpaksa kita tangani untuk penanganan awalnya di Pos terpadu," kata Maruly

Menurutnya, rencana awalnya seorang ibu yang mau melahirkan itu dibawa ke Pos terpadu untuk dilakukan penanganan awal, namun tiba-tiba langsung melahirkan. dan kondisi keduanya kini dalam keadaan sehat.

"Kebetulan memang di pos terpadu itu ada petugas medis dan tadinya rencananya penanganan awal sebelum di bawa berangkat ke Sekarwangi namun rupanya ibu itu sudah tidak kuat lagi dan akhirnya melahirkan di pos terpadu Parungkuda," jelasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar