Pilihan

Turki Setuju dengan Israel yang Larang Non Muslim Kunjungi Masjid Al-Aqsa - detik

 

Turki Setuju dengan Israel yang Larang Non Muslim Kunjungi Masjid Al-Aqsa

Berliana Intan Maharani - detikHikmah
Jumat, 14 Apr 2023 12:00 WIB


Ilustrasi Masjid Al-Aqsa. Foto: Getty Images/iStockphoto/ZZ3701
Yogyakarta - Pada hari Rabu (12/4) lalu, Turki menyetujui keputusan Israel yang melarang pemukim selain umat Islam untuk mengunjungi kompleks Masjid Al-Aqsa yang terletak di wilayah pendudukan Yerusalem Timur.

Dilansir dari situs Anadolu Agency, penghentian kunjungan tersebut dilakukan hingga akhir bulan suci Ramadan sebagai upaya untuk meredakan ketegangan.

Menurut sumber diplomatik Turki, melalui panggilan telepon, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu beserta mitranya dari Israel, Eli Cohen, membahas perkembangan terkini terkait Masjid Al-Aqsa.

Panggilan telepon tersebut berlangsung satu hari setelah adanya pernyataan dari kantor Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang melarang pengunjung serta turis Yahudi naik ke 'Temple Mount' atau Bukit Bait Suci di kompleks Masjid Al-Aqsa hingga akhir bulan Ramadan.

Cavusoglu menegaskan bahwa tindakan provokasi tidak boleh terulang kembali di Masjid Al-Aqsa.

Menteri Luar Negeri Turki turut menyatakan jika negaranya akan memberi segala kontribusi dalam bentuk apapun yang memungkinkan mengurangi ketegangan.

Ketegangan antara Israel dan Palestina di Masjid Al-Aqsa

Pekan lalu, ketegangan meningkat di seluruh wilayah Palestina setelah pasukan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur dan secara paksa mengusir para jamaah.

Penyerbuan Israel di Masjid Al-Aqsa memicu terjadinya tembakan roket dari Jalur Gaza dan Lebanon yang turut menuai aksi balasan dari Israel melalui serangan udara dan artileri.

Bagi umat Islam, Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai tempat paling suci ketiga di dunia setelah Masjid Al-Haram yang terletak di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Sementara itu, umat Yahudi menyebut kompleks Masjid Al-Aqsa sebagai Bukit Bait Suci lantaran situs ini diyakini sebagai letak dua kuil yang pernah menjadi pusat kerajaan Yahudi pada zaman kuno.

Selama perang Arab-Israel pada tahun 1967, Israel menduduki Yerusalem Timur yang menjadi letak Masjid Al-Aqsa berada. Israel kemudian mengambil paksa seluruh kawasan kota tersebut pada di tahun 1980 dalam suatu langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

Simak Video "Turki Kecam Polisi Israel Serang Jemaah di Masjid Al-Aqsa"

Turki Kecam Polisi Israel Serang Jemaah di Masjid Al-Aqsa

(lus/lus)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek