Pilihan

Cetak Gol Kemenangan Indonesia atas Vietnam, Siapa Taufany Muslihuddin? By BeritaSatu

 

Cetak Gol Kemenangan Indonesia atas Vietnam, Siapa Taufany Muslihuddin?

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 19, 2023
Taufany Muslihuddin.
Taufany Muslihuddin.

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia melaju ke final sepak bola SEA Games 2023 setelah menundukkan Vietnam, 3-2, setelah melewati partai dramatis di Stadion Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023).

Pasukan Indra Sjafri sempat memimpin dilesakkan Komang Teguh dengan tandukan pada menit kesembilan. Namun Vietnam membalas juga dengan gol sundulan Van Tung Nguyen menit ke-35. Indonesia kembali memimpin berkat gol Marselino Ferdinan menit ke-53.

Namun gol bunuh diri Bagas Kaffa pada menit ke-78, membuat kedudukan menjadi imbang 2-2. Indonesia bermain dengan 10 orang setelah Pratama Arhan diusir wasit pada menit ke-59. Gol penentu kemenangan Indonesia dilesakkan Taufany Muslihuddin pada menit ke-90+5.

Di final Tim Merah Putih akan menghadapi pemenang antara Thailand melawan Myanmar yang digelar setelah partai Indonesia vs Vietnam di Stadion yang sama.

Pencetak gol penentu lolosnya Indonesia ke partai pemungkas, Taufany Muslihuddin tidak diturunkan pelatih Indra Sjafri sebagai starter. Pemain bernomor punggung 15 ini baru ditampil saat pergantian babak setelah jeda.

Taufany dimasukkan untuk menggantikan Ananda Raehan. Selain memasukkan Taufany, Indra Sjafri juga melakukan pergantian lain yakni Muhammad Ferarri yang menggantikan sang pencetak gol pertama Komang Teguh. Kedua pemain masuk sebagai pemain pengganti saat kedudukan masih imbang 1-1.

Tim Indonesia harus menjalani penderitaaan setelah Pratama Arhan diusir wasit pada menit ke-59. Vietnam yang berupaya memanfaatkan keunggulan jumlah pemain terus membombardir pertahanan Indonesia.

Tim yang diasuh Philippe Troussier itu kemudian berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah bek Bagas Kaffa melesakkan gol ke gawang sendiri saat berupaya membuang bola pada menit ke-78. Vietnam kemudian terus menggencarkan serangan mereka.

Mereka memaksa Indonesia bertahan habis-habisan. Tugas Indonesia kian berat saat wasit menentukan bahwa injury time babak kedua berlangsung delapan. Namun panjangnya masa injury time kemudian ternyata menjadi berkah bagi Indonesia.

Dalam suatu kesempatan, Indonesia berhasil melakukan serangan balik. Taufik Fathur Rahman mengambil kesempatan dengan melancarkan tendangan dari luar kotak penalti. Bola yang terkena badan pemain lawan kemudian bergulir ke arah Taufany.

Gelandang Borneo FC ini melepaskan tendangan yang tidak terlalu keras namun bergulir ke pojok bawah gawang Vietnam dan tak bisa diantisipasi kiper Quan Van Chuan. Indonesia pun kembali mempimpin 3-2 pada menit ke-90+5 dan bertahan hingga pertandingan usai.

Muhammad Taufany Muslihuddin menjadi pahlawan lolosnya Indonesia ke final dan menjaga harapan kontingen merah putih menyabet emas sepak bola SEA Games yang terakhir diboyong Indonesia tahun 1991 silam.

Pemuda kelahiran Tenggarong, Kalimantan Timur ini mengasah kemampuannya bersama Borneo FC saat masih remaja. Dia kemudian menjalani status sebagai pemain profesional dengan memperkuat Mitra Kukar sejak 2021. Dia membuat 7 penampilan liga dan mencetak 1 gol untuk Mitra Kukar di Liga 2 2021.

Performanya yang dianggap bagus bersama Mitra Kukar membuat klub masa kecilnya Borneo FC kembali merekrutnya. Dia dikontrak Borneo untuk bermain di Liga 1 pada musim 2022. Muslihuddin melakukan debut liga pada 19 Desember 2022 dalam pertandingan melawan RANS Nusantara di Stadion Manahan, Surakarta.

Dia memang hanya bermain dalam delapan pertandingan memperkuat Borneo FC di Liga 1 musim lalu. Namun itu sudah cukup membuat pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri, memutuskan untuk merekrutnya.

Debutnya untuk Timnas U-22, dia lakukan pada 14 April 2023 dalam partai uji coba melawan Lebanon U-22 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Namanya pun dimasukkan ke dalam skuad Indonesia yang bermain di SEA Games 2023.

Hari ini, dia mencetak gol ke gawang Vietnam yang menjadi penentu kemenangan Tim Merah Putih. Indonesia diharapkan bisa mewujudkan impan kembali menjadi juara ajang multivent dua tahunan ini di cabang sepak bola setelah 32 tahun.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Komentar

Opsi Media Informasi Group

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek